Pemko Batam Usul Pulau Helen dan Benteng jadi Pulau Terluar



Pemko Batam mengusulkan dua pulau, yakni Pulau Karang Helen dan Pulau Karang Banteng, di sebelah utara pulau Batam menjadi pulau terluar. Ini dimaksudkan untuk memperjelas status pulau tersebut dan untuk menjaga agar pulau tersebut tidak diklaim dan masuk negara Singapura.

Ahmad Dahlan

Ahmad Dahlan

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan di Tiban, Sekupang (1/3) lalu. Ia mengatakan jika usulan ini diterima pemerintah pusat, maka jumlah pulau terluar di Batam menjadi enam pulau. Sebelumnya empat pulau sudah masuk menjadi pulau terluar Indonesia yang letaknya masuk wilayah Batam di antaranya Pulau Nipah, Pulau Batu Berantai, Pulau PelampOng dan Pulau Putri.

“Dua pulau itu jangan sampai masuk ke negara lain. Makanya ini langsung kita usulkan masuk pulau terluar. Kalau usulan kita diterima maka pusat akan lebih memperhatikannya,” Kata Walikota.

Menurut Dahlan jika status pulau tersebut menjadi pulau terluar, maka bisa dengan cepat melakukan reklamasi agar pulau tersebut tidak hilang tergerus gelombang laut. Sementara pulau terluar lainnya juga akan terus dilakukan reklamasi yang akan dibiaya dari APBN.

Saat ini reklamasi sudah dilakukan sebagian di Pulau Batu Berantai, Sementara di Pulau Pelampong dan Pulau Nipah sudah selesai dilakukan reklamasi, sementara reklamasi di Pulau Putri tahun ini kemungkinan akan selesai dilakukan.
“Untuk reklamasi itu sangat mahal, makanya peran APBN itu sangat penting di sini,” kata Dahlan.

Selain itu Pemko Batam juga berencana akan melakukan penanaman pohon di sejumlah pulau terluar tersebut. Penanaman pohon ini akan dimulai di pulau Pelampong. Dalam penanaman pohon ini nantinya, Pemko berharap partisipasi dari kementerian terkait. (ian)



Komentar Pembaca

komentar