Akil Mochtar Tulis Dua Buku Pemberantasan Korupsi



Akil Mochtar, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu malam (1/10), sudah menulis dua buku tentang pemberantasan korupsi.

Akil-Mochtar-MKBuku pertama berjudul “Memberantas Korupsi: Efektivitas Sistem Pembalikan Beban Pembuktian dalam Gratifikasi.” Buku ini diterbitkan tahun 2006, saat Akil menjadi anggota DPR dari Fraksi Golkar.

Buku kedua berjudul “Pembalikan Beban Pembuktian Tindak Pidana Korupsi.” Buku yang diterbitkan pada tahun 2009, atau setahun Akil setelah jadi Hakim MK, ini berasal dari disertasi doktoral Akil. Akil meraih gelar doktor ilmu hukum dari Universitas Padjajaran Bandung.

Akil Mochtar menjadi hakim MK pada 2008, setelah sebelumnya, sejak tahun 1999 menjadi anggota DPR dari Fraksi Golkar. Saat jabatan Ketua MK Mahfud MD berakhir pada Awal 2013, Akil dipercaya menjadi Ketua Hakim MK.

Akil terpilih melalui voting pada 3 April 2013, dengan mendapat tujuh suara. Saat itu, Akil menyisihkan Hakim Konstitusi Harjono yang mendapatkan dua suara. (spt/rmol)



Komentar Pembaca

komentar