Dennis Rodman: Kim Jong Un Tak Ingin Perang



rodman

Pemimpin Korut Kim Jong Un bersama mantan bintang Chicago Bulls, Dennis Rodman.

KUNJUNGAN Dennis Rodman ke Korea Utara ternyata memberikan pengalaman mendalam baginya. Bukan hanya mengenai kebudayaan, tetapi juga tentang karakter pemimpin Korut Kim Jong Un. Ketika banyak pihak menilai jika Jong Un adalah sosok yang menyenangi perang, hal berbeda malah disampaikan Rodman. Mantan bintang klub NBA Chicago Bulls tersebut mengatakan, Jong Un sebenarnya sangat ingin menghindari terjadinya sebuah peperangan.

“Jong Un mengatakan bahwa dirinya tidak ingin melakukan kontak senjata. Dia tak ingin ada peperangan. Dia mengatakan padaku tentang keinginannya tersebut,” terang Rodman dalam sebuah wawancara dengan ABC seperti dilansir BBC, Selasa (5/3).

Selama ini, Korut memang kerap dianggap sebagai salah satu negara yang demen perang. Berbagai tindakan yang mereka lakukan juga disinyalir sebagai upaya untuk menyerang musuh-musuhnya. Terbaru ialah ketika mereka meluncurkan nuklir. Korsel yang merupakan musuh utama langsung menganggap jika hal tersebut merupakan sebuah sikap yang menantang.

Namun, Rodman yang berada di negara komunis tersebut seperti tersadar jika Jong Un sebenarnya adalah pribadi yang baik. Bahkan, dia tak segan mengatakan bahwa Jong Un adalah teman baiknya. Hal itu disampaikan ketika pemain nyentrik tersebut ditanya mengenai track record Jong Un di bidang hak asasi manusia. “Secara person to person, dia adalah teman saya,” tegasnya.

Rodman berada di Korut dalam kegiatannya membuat film documenter. Di Korut, dia juga tampil dalam sebuah pertandingan eksebisi yang melibatkan the dream team Korut. (jos/mas/jpnn)



Komentar Pembaca

komentar