Korpri Harus Mengabdi Bukan Minta Dilayani



Mat Sahir ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Batam masa bakti 2011-2016 oleh Ketua Dewan Pengurus Korpri Provinsi Kepri yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Suhajar Diantoro di Aula Engku Hamidah, Kantor Walikota Batam, siang tadi (7/5).

Pengukuhan susunan Dewan Pengurus tersebut merupakan hasil dari Musyawarah Luar Biasa Korpri Batam yang dilaksanakan pada tanggal 7 Maret yang lalu.

Suhajar Diantoro menyatakan bahwa peran utama sebagai anggota Korpri yaitu sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah. Untuk itu Korpri mengemban 4 misi masing-masing sebagai pelayan keadilan di tengah masyarakat.

Salah satunya sebagai fungsi regulasi yang melahirkan peraturan-peraturan dalam mengatur kebijakan dalam penyelenggaraan pemerintahan, misi pemberdayaan untuk kemandirian masyarakat dan misi pembangunan untuk menghadirkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Misi tersebut menurut Ketua Dewan Pengurus Korpri Provinsi Kepri ini merupakan inti dari cita-cita pelaksanaan Otonomi Daerah (Otoda) yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Kepada pengurus yang baru dilantik dan dikukuhkan agar segera membuat peta tentang kondisi nyata yang dilengkapi rumusan pembenahannya agar arah ke depan menjadi jelas dapat dicapai. Sebagai abdi Negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah, kita harus mengubah mindset yang selama ini minta dilayani menjadi melayani demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Wakil Walikota Batam, Rudi, yang turut menyaksikan pelantikan itu menekankan agar dewan pengurus korpri Kota Batam ke depan dapat lebih meningkatkan kinerja organisasi di tengah upaya meningkatkan kualitas pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat karena Korpri dituntut untuk mampu membangun paradigma baru sebagai pelayan masyarakat dan bukan minta dilayani oleh masyarakat.

Dengan paradigma yang baru tersebut, Korpri ke depan akan dapat meningkatkan kualitas pelayan publik, reformasi birokrasi, netralitas PNS dan pemberdayaan masyarakat serta mensukseskan program pembangunan.

“Peran aktif di sini harus ditunjukkan oleh Korpri Kota Batam secara nyata, sehingga masyarakat mengetahui keberadaan Korpri sebagai wadah para PNS yang mempunyai kepedulian terhadap masyarakat dan daerahnya”, pungkas Rudi.(thr)



Komentar Pembaca

komentar