Tanjungpinang Songsong Sistem Rayonisasi Sekolah



Ketua Komisi II DPRD Tanjungpinang, Asep Nana Suryana, mengatakan pada prinsipnya mendukung sistem penerimaan siswa baru di Tanjungpinang dengan sistim rayonisasi.

“Sangat menyetujui hal tersebut,  meskipun pelaksanaannya tidak mudah karena memerlukan waktu yang tidak cepat. Tapi percaya ke depan semua sekolah di Tanjungpinang akan menjadi standar unggulan. Dasar pemikiraannya bagaimana semua calon siswa itu bisa diterima di setiap sekolah,” kata Asep, Minggu (9/6).

Asep mengatakan sistem baru ini merupakan saat yang tepat untuk merestrukturisasi sistem penerimaan siswa baru. Ini merupakan langkah berani demi tujuan dasar pendidikan bagaimana setiap siswa dapat diterima di sekolah secara merata melalui sistem rayonisasi.

Dengan sistem ini juga pastinya tidak akan didapati lagi siswa bertumpuk di satu sekolah tertentu.

Pelaksanaan sistem rayon ini ada juga perlu yang harus diperhatikan terkait fasilitas sekolah di suatu rayon untuk segera ditingkatkan. Baik itu dari ketersediaan guru, sarana dan prasarana maupun pemindahan atau pemerataan sekolah di tiap rayon yang belum merata.

“Maka rencana pemindahan SMUN 3 Tanjungpinang dari Tanjungpinang Barat ke Tanjungpinang Timur sudah tepat mendukung sistem rayon ini,” kata Asep..

Catatan lainnya untuk pemerintah juga terkait penyediaan sarana prasarana yang merata. Jangan sekolah tertentu memiliki fasilitas lengkap tapi sekolah lain justru tidak memiliki apa-apa. Untuk itu kata Asep, hal tersebut menjadi sesuatu hal yang harus diperhatikan pemerintah.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dadang AG mengatakan sosialisasi penerimaan siswa baru sistim rayon sudah mulai dilaksanakan dalam Minggu ini.

“Dalam Minggu ini juga Dinas Pendidikan akan melakukan sosialisasi ke dewan supaya mereka juga nanti ikut membantu mensosialisasikannya ke masyarakat,” kata Dadang. (asr)



Komentar Pembaca

komentar