Posyandu Tiban Indah Juara 1 Kontes Posyandu TAT Nasional



Batam-Juara

Istri wakil Gubernur Kepri Nyonya Aisyah Sani foto bersama Lina Budiarto pemenang kontes posyandu peduli TAT tingkat nasional di Jakarta. Foto: Humas Pemko Batam

Posyandu Tiban Indah V yang dipimpin Leni Budiarto dinobatkan sebagai posyandu Tanggap Aktif Tumbuh (TAT) terbaik di nusantara tahun ini. Posyandu inipun menjuarai kontes posyandu peduli TAT yang digelar di Mercure Ancol, Jakarta pada Senin (7/10) lalu.

Profil Posyandu Peduli TAT Tiban Indah V ini mewakili provinsi Kepulauan Riau di ajang Jambore Kader PKK Tahun 2013 tingkat nasional. Lomba yang diikuti sebanyak 19 provinsi se Indonesia ini akhirnya berhasil dimenangkan Leni sesuai pengumuman pemenang lomba yang dibacakan Ketua IV Tim Penggerak  Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat sekaligus ketua panitia, Susilawati Subekti pada malam penutupan Jambore yang berlangsung Selasa, (8/10) lalu. Atas kemenangan ini, PT Nestle selaku sponsor dan mitra TP PKK Pusat untuk kontes Posyandu peduli TAT memberikan uang tunai sebesar 15 juta sebagai dana pembinaan Posyandu.

Leni menyampaikan, dirinya sama sekali tidak menyangka jika kerja keras dan ikhlasnya selama ini bersama sembilan kader Posyandu Tiban Indah V lainnya bisa berprestasi di Jambore Nasional. Dikatakannya,  Posyandu Tiban Indah V mulai berdiri  13 November 2010 lalu dan pada 15 Maret 2012 dirinya bersama rekan kadernya mengawali kegiatan Posyandu TAT diwilayahnya. “Sekarang sudah 4 Posyandu yang kami bina,” kata Leni.

Dikatakan Leni, keberhasilan yang dicapai tidak terlepas dari pembinaan, bimbingan serta dukungan yang diberikan dinas terkait, TP PKK kota Batam juga TP PKK Provinsi. “Terima kasih pada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kami,” ucap Leni.

Ditempat terpisah, ketua TP PKK Kota Batam, Ny. Mariana Ahmad Dahlan menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan Posyandu Peduli TAT Tiban Indah V yang memberikan hasil terbaik. Menurutnya, prestasi ini tidak terlepas karena hasil kekompakan dan kesolidan tim sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi provinsi Kepri dan kota Batam khususnya.

“Terimakasih atas pencapain ini, semoga di tahun mendatang lebih baik lagi dan memberikan motivasi kepada posyandu atau kader PKK lainnya  untuk berprestasi,” ujar Ny. Mariana. Dirinya berharap dengan prestasi yang telah diraih, akan semakin meningkatkan semangat dan kreativitas kader sebagai mitra pembangunan pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat di wilayahnya, khususnya dibidang kesehatan.

Saat menutup rangkaian kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Nasional tahun 2013, Ketua Umum TP PKK, Ny. Vita Gamawan Fauzi mengatakan dengan usainya Jambore PKK yang merupakan ajang wahana tukar menukar informasi untuk saling asih, asah dan asuh antara sesama kader diharapkan dapat menambah wawasan dan silaturahmi antar kader PKK serta menambah motivasi dalam bekerja di lapangan. Kepada 1.487 kader PKK se Indonesia yang hadir malam itu, Ny. Vita meminta agar dalam melaksanakan program kerja, kader hendaknya memperhatikan pedoman  kerja yang ada, yakni Permendagri N0. 1 tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui gerakan PKK dan Rakernas VII PKK. Kepada ketua TP PKK Provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan Ny. Vita juga berpesan agar secara berjenjang melakukan pembinaan kepada kader.

Sebagai ketua umum dirinya merasa bangga atas kehadiran dari seluruh kader peserta Jambore, yang penuh semangat mengikuti rangkaian kegiatan Jambore dari awal sampai akhir.

“Semoga sekembalinya nanti ke daerah masing-masing bisa lebih bermanfaat lagi bagi daerah dalam upaya memberdayakan masyarakat kususnya keluarga agar menjadi sejahtera,” harapnya.

Diacara penutupan ini juga diberikan penghargaan kepada kader PKK. Penghargaan berupa pemberian pin emas bagi kader yang telah bekerja keras di lapangan selama ini terus menerus tanpa terputus selama 25 tahun dan pin perak bagi kader yang telah mengabdi 15 tahun.
Selain juara I Posyandu Peduli TAT, diajang Jambore kader PKK tingkat nasional tahun 2013 ini, provinsi Kepulauan Riau juga berhasil menorehkan prestasi sebagai juara harapan satu lomba foto kegiatan PKK dan juara harapan tiga dalam lomba kesenian daerah. (spt)



Komentar Pembaca

komentar