ATB Batam Sumbang Rp460 Miliar Pajaknya ke Negara



17 tahun beroperasi, PT Adya Tirta Batam (ATB) mengklaim telah menyetorkan deviden dan pajak sebesar Rp 460 miliar ke negara. Angka ini diklaim sebagai deviden dan pajak terbesar dari seluruh perusahaan pengelola air bersih di Indonesia.

atbVice President PT ATB Benny Andrianto mengatakan, tingginya kontribusi ATB kepada negara ini sekaligus menandai peningkatan kinerja perusahaan dari tahun ke tahun. Dia menyebut, pada tahun pertama, kontribusi pajak dan deviden ATB hanya mencapai Rp 1,2 miliar.

“Padahal nilai investasi kami hanya Rp 650 miliar,” kata Benny saat membuka acara Media Gathering 2013 di Kantor Pusat ATB Batam Centre, akhir pekan lalu.

Selain dari tingginya kontribusi pajak dan deviden, kinerja ATB juga mengalami peningkatan yang drastis dari segi pelayanan. Kata Benny, salah satu indikatornya adalah besaranya coverage layanan kepada konsumen di Pulau Batam.

Dia menyebut, per 31 Desember 2012 lalu jumlah sambungan yang telah dipasang ATB mencapai 209.862 sambungan. Angka ini melonjak pesat dari 1996 yang hanya sekitar 15 ribu sambungan saja.

“Artinya, setiap bulan ada 1.000 sampai 1.200 sambungan baru,” ujar Benny.(ceu/she)



Komentar Pembaca

komentar