Tuntut UMK 2014 Naik 50 Persen, 5000 Buruh Di Batam Turun Jalan Hari Ini



Ribuan buruh dijadwalkan akan demo di depan Kantor Wali Kota Batam, hari ini (12/9). Menurut Koordinator Garda Metal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam, Suprapto, ada lima tuntutan yang akan diusung buruh dalam demo kali ini.

Pertama, buruh menuntut kenaikan upah minimum kota (UMK) Batam 2014 sebesar 50 persen dari UMK 2013.”Kami juga akan menyampaikan aspirasi buruh menolak Inpres tentang pembatasan kenaikan UMK 2014,” kata Suprapto.

Dilanjutkan, dalam aksinya hari ini buruh akan menyuarakan penolakan terhadap kebijakan upah murah secara umum. Hal ini dikarenakan saat ini harga kebutuhan pokok meningkat pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu.

“Kondisi ini menyebabkan kaum buruh tercekik. Daya beli kami turun hingga 30 persen,” katanya.

Isu seputar Badan pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) juga menjadi agenda demo buruh hari ini.

Mereka menuntut BPJS diterapkan per 1 Januari 2014 untuk secara menyeluruh, tanpa pentahapan.

Selebihnya, buruh akan menuntut penyelesaian kasus PT SCI. Dalam hal ini tuntutan akan disampaikan khusus kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam.”Untuk itu, selain di kantor Wali Kota Batam, kami juga akan demo di depan kantor BP Batam,” katanya.

Suprapto mengklaim ada sekitar lima ribu hingga tujuh ribu buruh yang aka ikut aksi hari ini. Pihak serikat juga sudah menyampaikan surat pemeberitahuan kepada masing-masing perusahaan, agar karyawan mereka diberi kemudahan untuk ikut demo tersebut. (par)



Komentar Pembaca

komentar