Orang Tua Harus Berani Larang Anak di Bawah Umur Bawa Motor



Menyambut HUT Korps Lalu-lintas, Direktorat Lalu-lintas Polda Kepri meluncurkan program edukatif ‘Sayang Anak’. Salah satunya membuat logo yang berisi imbauan ‘Jangan Biarkan Anak di Bawah Umur Membawa Motor’.

“Ortu harus berani bilang kepada anak jangan pakai motor sebelum cukup umur. Ini salah satu contoh kita jadi pelopor keselamatan berlalu-lintas,” kata Dirlantas Polda Kepri, Kombes Tantan Sulistyana, siang tadi (17/9).

Ia mencontohkan kasus laka-lantas yang melibatkan Dul, anak musisi kondang Ahmad Dhani, agar jadi contoh kuat ortu lebih ketat dalam melindungi anaknya untuk tidak memakai motor.

“Saya pingin sekali kerjasama dengan organisasi perlindungan anak di Kepri ini. Agar peran ortu lebih mengarahkan anak-anaknya untuk diberi ruang yang sesuai dengan anak,” katanya.

Program ini sebut perwira melati tiga di pundak ini, akan dimulai pada Sabtu pekan ini, melalui sosialisasi ke mall-mall, tempat-tempat keramaian lainnya.

“Harapannya nantinya melaui program sayang anak ini si anak-anak akan berkata: Kalau mama-papah sayang saya, harus berani larang saya naik motor/mobi sendiri kalau belum cukup umur,” terangnya.

Masih dalam rangkaian ulang tahun Polantas RI. Pihaknya juga sudah melakukan razia edukatif ke sekolah-sekolah. Dan sudah dimulai, hari ini (17/9) kemarin di SMP dan SMA 34 Kampung Jabi Nongsa.

“Razia edukatif ini kami tujukan agar semua elemen seperti sekolah, guru dan orang tua berani melarang anak didiknya untuk tidak pakai motor bila belum cukup umur dan SIM. Di sini data siswa yang ada kita kumpulkan selanjutnya bila nanti ketangkap di jalan akan ditilank,” katanya.

Pihaknya juga akan memberi apresiasi kepada masing-masing siswa dan kelas, bila paling taat mematuhi imbauan tersebut dengan memberi reward.

Selain itu Polda Kepri juga membuat aturan tilank pola 1:2 atau satu tilank, dua tegur didalam memperkecil tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu-lintas di jalan raya.

Dan pada 23 September mendatang jajaran Ditlantas dan Polantas di Satwil Polres masing-masing di Kepri akan serentak menjadi Irup upacara di sekolah untuk menyampaikan pesan dari Kakorlantas Mabes Polri.

“Kami pun membuat lomba pocil (polisi cilik) kelas 3 sampai kelas 5. Polres Barelang sudah. Tiap kab/kota ada 8-15 sekolah. Oktober nanti akan kita umumkan secara serentak para pemenangnya,” pungkasnya. (thr)



Komentar Pembaca

komentar