Ucapan Imlek yang Betul ialah Selamat Tahun Baru Imlek 2566 Kongzili

291
Pesona Indonesia

BATAMKOTA (BP) – Ketua Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Provinsi Kepri, JS Sudarmadi mengimbau Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Kota, maupun swasta yang ingin memberikan ucapan selamat agar diseragamkan.

Menurutnya, penyeragaman tersebut sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri, yaitu Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2014, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Nomor 3/SKB/MEN/V/2014, dan MenPAN-RB Nomor 02/SKB/MENPAN/V/2014 tentang hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2015.

”Pengucapan selamat tahun baru Imlek yang betul adalah Selamat Tahun Baru Imlek 2566 Kongzili yang bertepatan jatuh pada Kamis (19/2) mendatang. Kalau ada yang mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2015, itu adalah tanggal Masehi. Kalau Imlek yang betul tanggal 1 bulan 1 tahun 2566 Imlek,” terangnya.

Sudarmadi juga mengimbau agar Imlek dirayakan tidak di atas kesedihan orang lain. Maksudnya, sambungnya, jangan sampai membunyikan letusan-letusan yang mengganggu ketenangan tetangga.

”Kebisingan pada Imlek berupa letusan-letusan, itu bukan puja dan puji. Bolehlah merayakan kegembiraan, tapi lihat situasinya jangan sampai mengganggu tetangga,” pesannya.

Selain itu, Sudarmadi mengimbau kepada umat Khonghucu jangan sampai merayakan Imlek tapi bisa mengganggu stabilitas ekonomi.

”Kan masih banyak masyarakat yang ekonominya menengah ke bawah, kalau belanja cukup kebutuhan pada hari itu atau tidak menyetok. Kalau Imlek lalu toko ditutup terlalu lama, itu sudah mengganggu. Kalau sudah mengganggu berarti merayakan kegembiraan di atas kesedihan orang lain. Itu tak bagus,” ujar Sudarmadi. (ash)

Respon Anda?

komentar