Sekolah Yos Sudarso Dapat Bus Gratis

432
Pesona Indonesia

BATAMKOTA (BP) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau menyerahkan bantuan pendidikan berupa satu unit bus kepada Sekolah Yos Sudarso, Selasa (3/2). Bus ini menjawab kebutuhan sekolah akan adanya kendaraan operasional.

Wakil Gubernur Kepri foto berbincang dengan siswa-siswi SMA Yos Sudarso seusai melakukan penyerahan bantuan Bus bagi Sekolah tersebut, Selasa (3/2). Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Wakil Gubernur Kepri foto berbincang dengan siswa-siswi SMA Yos Sudarso seusai melakukan penyerahan bantuan Bus bagi Sekolah tersebut, Selasa (3/2).
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

”Bus ini bisa untuk mengantar anak-anak menghadiri kompetisi atau kejuaraan. Atau juga undangan upacara dari instansi-instansi pemerintahan,” kata Yuli Ismanto, Kepala SMA Yos Sudarso, kemarin.

Yuli mengatakan, selama ini, sekolah kebingungan saat harus mengirim tim ke sebuah acara kompetisi atau undangan. Sebab, sekolah tidak memiliki kendaraan operasional. Satu-satunya kendaraan operasional milik Yos Sudarso adalah satu unit mobil minibus tua. Kondisinya pun tak lagi baik alias rusak parah.

Sekolah pun mau tak mau harus menggunakan kendaraan pribadi guru untuk mengirim tim. Bahkan, menyewa mobil apabila kendaraan pribadi masih tidak cukup untuk mengantarkan seluruh anggota tim.

”Makanya, kami akhirnya memutuskan menulis proposal ke Pemerintah Provinsi Kepri. Mintanya satu bus saja. Tidak banyak-banyak,” katanya lagi.

Permohonan itu disampaikan tahun 2013 lalu. Setahun kemudian, Pemprov Kepri baru mengabulkannya. DPRD Kepri menganggarkan dana sebanyak Rp 600 juta untuk pengadaannya.

”Harusnya bulan Desember lalu diserahkan. Namun, karena sejumlah proses, baru sekarang bisa diserahkan,” kata Jumaga Nadeak, Ketua DPRD Kepri yang juga menghadiri acara serah terima tersebut.

Jumaga mengatakan, DPRD Kepri mengabulkan permintaan tersebut karena ini menyangkut proses belajar mengajar. Bus ini dapat digunakan para siswa untuk menghadiri acara-acara atau kompetisi di luar sekolah.

Ia berharap, bus ini dapat dimanfaatkan oleh semua siswa dan pengajar Sekolah Yos Sudarso. Mulai dari tingkat PG TK hingga SMA. ”Bus ini berkapasitas 40 kursi. Meskipun penyerahannya dilakukan di SMA, bukan berarti ini untuk SMA saja. Ini untuk seluruh siswa di Sekolah Yos Sudarso,” ujarnya.

Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo berharap bus ini dapat meningkatkan prestasi para siswa Yos Sudarso. Supaya para siswa lebih semangat dan lebih giat lagi.

”Bus ini memang keperluannya tidak signifikan tapi bisa memotivasi para siswa untuk lebih giat belajar dan berprestasi,” tuturnya. (ceu)

Respon Anda?

komentar