AJI Batam Usulkan AJI Tanjungpinang Dibentuk

142
Pesona Indonesia

ALIANSI Jurnalis Independen (AJI) Batam mengusulkan pembentukan AJI Kota Tanjungpinang, Provinsi epulauan Riau (Kepri) ke AJI Indonesia. Usulan itu akan dibawa ke Rakernas AJI Indonesia di Bogor 7-8 Februari ini.

“Selama ini, Tanjungpinang masuk dalam kepengurusan AJI Batam. Sudah saatnya dimekarkan namun bentuknya nanti masih persiapan dan masih di bawah bimbingan AJI Batam hingga nanti ditetapkan di Kongres,” ujar Muhammad Zuhri, Ketua AJI Batam.

Zuhri mengatakan, pertimbangan membentuk AJI Tanjungpinang adalah karena sepertiga anggota AJI Batam berdomisili di Tanjungpinang. Jumlah anggota AJI Batam saat ini mencapai 60 orang.

Jumlah tersebut dipandang layak untuk sebuah AJI Kota. Terlebih dengan minat jurnalis yang tinggi untuk bergabung di AJI.

Tanjungpinang, tambah Zuhri, sudah seharusnya memiliki kepengurusan sendiri, karena merupakan ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Batam dan Tanjungpinang berada di pulau yang berbeda.

“Kami berharap organisasi profesi jurnalis ini berkembang di pusat Pemerintahan Kepri,” katanya.

Lebih lanjut Zuhri mengatakan, usulan itu sudah muncul sejak dua tahun lalu. Namun belum dapat terlaksana mengingat jumlah anggota.

Nantinya, untuk sementara AJI Tanjungpinang masih dalam wilayah administratif AJI Batam hingga disahkan dalam Kongres X AJI Indonesia.

“Kami akan menyampaikan pembentukan AJI Persiapan Tanjungpinang dalam Rakernas AJI di Bogor pekan ini. Kami berharap ini direalisasikan,” ujarnya.

Selain membentuk AJI Persiapan Tanjungpinang, Zuhri juga akan membentuk koordinator daerah di Kabupaten Karimun, Bintan, Lingga, Anambas dan Natuna.
Masing-masing kabupaten akan dipimpin seorang anggota AJI yang bertugas di daerah tersebut.

“Ini untuk memudahkan kami melaksanakan program-program AJI,” katanya. (ceu)

Respon Anda?

komentar