Kadisdik Batam Bilang Kepsek Yang Tak Memenuhi Syarat Itu Hanya di Wilayah Hinterland

274
Pesona Indonesia
Muslim Bidin. Foto: Yusuf Hidayat/Batam Pos
Muslim Bidin.
Foto: Yusuf Hidayat/Batam Pos

BATAM (BP) – Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengakui masih ada kepala sekolah (Kepsek) di Batam yang belum memenuhi syarat dan ketentuan, tapi hanya di wilayah hinterland.

”Memang ada (kepsek) yang belum memenuhi syarat, tapi hanya di hinterland,” ujar Muslim Bidin, Jumat (6/2).

Muslim berdalih, selama ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam cukup kewalahan mencari calon Kepsek yang memenuhi kualifikasi untuk ditempatkan di hinterland. Disdik pun akhirnya memutuskan mengangkat langsung guru asli hinterland sebagai Kepsek di sekolah-sekolah yang ada di daerah tersebut, meski belum memenuhi standar untuk menjadi Kepsek.

”Jangankan menjadi Kepsek, untuk menjadi gurupun banyak yang tak mau. Jadi solusinya, mau tak mau kita berdayakan guru disana (hinterland) menjadi Kepsek. Dan memang Kepsek disana banyak yang tak memenuhi syarat dan ketentuan,” jelas Muslim.

Menurut dia, khusus untuk wilayah mainland, pihaknya betul-betul menyeleksi Kepsek berdasarkan golongan dan prestasi. Golongan pegawai negeri sipil (PNS) yang bisa menjadi Kepsek minimal berada di golongan 3C.

”Namun kita akui ada beberapa Kepsek yang kemampuan managerial atau talent scouting-nya kurang,” sebutnya.

Mengantisipasi dampak berkelanjutan atas kurangnya kualifikasi managerialnya, Disdik akhirnya bekerjasama dengan Pemerintah Solo dalam hal pendidikan. Dimana ada lembaga khusus yang memberikan pelatihan kepada Kepsek untuk bisa lebih baik lagi dalam memimpin sekolah.

”Setiap tahun ada pemantapan talent scouting, dan itu terus berlanjut hingga sekarang. Hasilnya sudah mulai terlihat,” ujarnya.

Muslim mengatakan, baru-baru ini Disdik telah menerapkan peraturan maksimal untuk masa jabatan Kepsek.

Untuk satu sekolah jabatan Kepsek bisa diduduki selama 4 tahun. Dan jika sekolah yang dipimpin terus memberikan prestasi, jabatan tersebut bisa kembali diduduki 4 tahun berikutnya, sehingga menjadi 8 tahun. (she)

Respon Anda?

komentar