Turis Sudah Bisa Homestay di Pulau Abang

587
Pesona Indonesia
batampos.co.id – Wakil Wali Kota Batam Rudi meninjau fasilitas Destinasi Wisata Pulau Abang dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di kawasan tersebut, Kamis (12/2). Dari tinjauan tersebut, rumah singgah (homestay), fasilitas tourism information, dan jembatan siap digunakan.
Wawako, Rudi SE saat mengunjungi Pulau Abang
Wawako, Rudi SE saat mengunjungi Pulau Abang

“Pemerintah Kota Batam akan terus mengembangkan wisata Bahari khususnya Pulau Abang,” kata Rudi.

Pulau Abang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata unggulan daerah untuk wisata bahari oleh Kementerian Pariwisata tahun 2011 lalu. Alasannya, Pulau Abang memiliki pemandangan dalam laut yang menawan.

Terumbu karang menghampar seluas lima belas hektar di kawasan pulau ini. Kondisinya cukup baik dan terjaga. Lembaga Pengelola Sumberdaya Terumbu Karang (LPSTK)-lah yang menjaga terumbu karang-terumbu karang tersebut sejak tahun 2007 silam.

“Pulau ini kaya akan coral. Apalagi dengan terdapatnya blue coral. Itu terumbu karang jenis langka,” tuturnya.

Pulau Abang berada di kecamatan Galang. Penduduknya hanya berjumlah 1.700 jiwa. Dalam musrenbang tersebut, penduduk sepakat, persoalan yang paling mendasar di sana adalah pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) dan dermaga.

“Dua hal itulah yang masih kurang untuk kami,” kata Nazaruddin, Lurah Pulau Abang.

Sementara dari sisi pariwisata, Ketua Kelompok Sadar Wisata Pulau Abang Ladi berharap pemerintah dapat memberikan bantuan peralatan snorkeling dan diving. Serta fasilitas di dalam homestay.

“Bulan Maret nanti sudah banyak wisatawan yang memesan homestay itu,” kata Ladi.

Wakil Wali Kota Batam Rudi mengatakan, usulan dan permintaan warga tersebut akan dihimpun dalam musrenbang tingkat yang lebih tinggi. Ia juga akan meminta SKPD terkait untuk memprogramkan tentang listrik, kartu BPJS Kesehatan, dan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP). (ceu)

 

Respon Anda?

komentar