Kios Liar Akan Ditertibkan

227
Pesona Indonesia

batampos.co.id – DPRD Kota Batam minta Pemerintah Kota (Pemko) Batam tegas menertibkan kios-kios ilegal, terutama di kawasan penyangga atau buffer zone. Selain menggangu jalan raya, juga tidak sah secara hukum dan tidak ada kontribusinya untuk pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batam.

Foto: Dalil Harahap
Foto: Dalil Harahap

”Itu sudah jelas melanggar karena berdiri di buffer zone. Saya berharap di sini Satpol PP bertindak tegas,” kata Tumbur, anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Jumat (13/2).

Apalagi, menurut Tumbur, pembangunan sejumlah kios di beberapa titik sudah mendapat larangan dari masyarakat, seperti di kawasan Batamcentre karena membuat macet. ”Sebagian besar masyarakat di sana tidak setuju dengan keberadaan kios itu, ya harus ditertibkan,” ujarnya.

Kendati demikian, dia juga meminta agar Pemko Batam mencarikan solusi tempat untuk para pedagang berjualan paska penertiban.

Wandi, warga Batamcenter mengaku jalan kerap macet sejak dibangunnya kios-kios. Apalagi, jaraknya yang hanya satu meter dari jalan membuat kendaraan lain susah untuk lewat jika sudah ada satu mobil yang parkir hendak berbelanja.

”Dulu di sini tidak pernah macet, tetapi sekarang ini sangat sering macet. Kami minta itu ditertibkan lagi,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan juga meminta agar semua kios yang ilegal ditertibkan. Sebab, menyalahi tata ruang Batam. Apalagi sejumlah kementerian, mengkritik pemukiman di Batam yang kurang tertata. ”Tertibkan saja, tetapi harus sesuai ketentuan,” ujarnya.

Menurut Kepala Satpol PP Kota Batam, Hendri, pihaknya akan segera menertibkan kios-kios ilegal. Dia mengaku juga sudah beberapa kali dilakukan sosialisasi. Bahkan, surat peringatan pun sudah dilayangkan. ”Kita bergerak sesuai prosedur,” jelasnya. (ian)

Respon Anda?

komentar