DPRD Batam Dukung Bersihkan Kios Liar

219
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Anggota Komisi I DPRD Batam, Muhammad Musofa, kepada Batam Pos kemarin siang di kantornya mengatakan, “baru-baru ini Komisi I DPRD Batam kebanjiran laporan dari masyarakat Batam. Laporan itu mengenai banyaknya oknum pemegang izin di kawasan buffer zone mendirikan bangunan permanen untuk tempat usaha seperti yang diperjual belikan lagi ke pihak ketiga oleh pemegang izin dari BP Batam,” ujar Musofa, politikus partai Hanura yang tinggal di kawasan Tiban McDermott ini.

Untuk kawasan buffer zone sendiri yang berwenang mengeluarkan perizinan pemanfaatan penggunaan lahan ialah direktur kimling agrobisnis BP Batam. Izin itu berlaku maksimal satu tahun dan setelah itu bisa diperpanjang lagi setahun dan seterusnya.

“Sangat banyak dijumpai kawasan buffer zone yang perizinannya disalahgunakan atau pemanfaatannya diluar aturan fungsi perizinan seperti dikawasan Nagoya dan Jodoh,” terang Musofa.

Selain penyalahgunaan pemanfaatan lahan buffer zone, ternyata banyak pemegang izin pemanfaatan lahan Buffer Zone yang tak pernah berkoordinasi dengan pemerintah setempat dalam mendirikan usahanya seperti mendirikan ruko.

“Mereka main nyelonong aja tanpa permisi istilahnya perangkat pemerintah setempat seperti Lurah ataupun Camat. Kebanyakan pemegang izin pemanfaatan lahan buffer zone sudah menganggap seolah izin tersebut sudah ada kekuatan hukum yang mutlak atau legal untuk digunakan mendirikan bangunan apapun diatas lahan Buffer Zone,” tegas Musofa.

“BP Batam harus tegas dan berani mengambil tindakan terhadap oknum pemegang izin pemanfaatan lahan apabila ternyata sudah disalahgunakan pemanfaatannya,” pinta Musofa.

Sementara anggota Komisi III DPRD Batam, Jefri dan Sugito menegaskan Komisi III DPRD mendukung mutlak langkah Polda Kepri mengusut tuntas penyalahgunaan  perizinan pemanfaatan lahan Buffer Zone di Batam.

“Kalau nggak ditertibkan sekarang dan diberikan sanksi yang tegas, mau sampai kapan hal ini bisa dibersihkan atau di tertibkan lagi,” ujar Sugito. (gas)

Respon Anda?

komentar