Noda Minyak di Pantai Tanjungpinggir

219
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Liburan warga Batam di pantai Tanjungpinggir, Sekupang terusik dengan munculnya limbah minyak warna hitam di permukaan air dan tepi pantai. Warga pun enggan mandi karena takut gatal-gatal.

 

Noda hitam ini ialah minyak.  foto: fiska juanda / batampos.co.id
Noda hitam ini ialah minyak.
foto: fiska juanda / batampos.co.id

Limbah minyak ini tiba-tiba muncul sekitar pukul 11.00 WIB kemarin (19/2).”Tadi pagi gak ada, tapi sekitar jam 11 sudah banyak bertebaran di tepi pantai,” kata salah satu pengunjung saat ditemui kemarin (19/2).

Ia menduga kalau limbah tersebut berasal dari kapal-kapal yang sedang berlabuh ditengah laut, di perairan Tanjungpinggir. “Ada kapal besar tadi berhenti disini, mungkin kapal itu yang buang limbah. Karena gak mau repot mereka, dibuang ke laut aja,” katanya lagi.

Joni, pengunjung lainnya mengaku takut untuk mandi di laut Tanjungpinggir karena keberadaan limbah minyak tersebut. “Jelas ini pantai, tempat rekreasi. Kalau kotor seperti ini, siapa yang mau datang, gak ada kan. Seenaknya aja orang-orang tak bertanggung jawab itu buang limbah disini,” ujarnya.

Sementera itu salah satu pengunjung pantai Tanjungpinggir Leni, mengatakan kalau limbah tersebut lengket dibadan anaknya. Anaknya pun atal-gatal. “Oli-oli itu lengket dibadan Dinda (anak Leni,red). Dan Dinda merasa gatal,” katanya.

Ia mengungkapkan dengan adanya limbah tersebut, membuat dirinya dan keluarga merasa sedikit tidak nyaman. “Lengket-lengket gitu, gak nyaman. Padahal pengen refresh dan main-main. Tapi malah bersihin badan dari oli yang lengket di kulit,” ujarnya kecewa.

Doni salah satu pekerja galangan di Tanjunguncang, juga mengatakan kalau “Oli-Oli” tersebut sudah bertebaran semenjak dia datang pukul 11.30 (19/2).  Ia juga menduga “Oli-Oli tersebut berasal dari sebuah kapal. “Saya merasa sengaja ini. Anak saya tidak jadi main, karena merasa ada yang aneh. Yang lengket dibadannya,” imbuhnya.

Namun Imah merasa tidak merasa terganggu dengan adanya limbah tersebut. “Tidak masalah mas, saya hanya pengen nikmatin liburan. Pengen refresh, ” ujarnya singkat. (cr3)

Respon Anda?

komentar