Zainal Abidin dan Asmin Patros Siap Maju ke Batam 1

397
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Ketua DPD Partai Golkar Batam, Zainal Abidin mengaku siap maju pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Batam 2015. Ia pun sudah mempersiapkan diri jika partai menunjuknya langsung, apalagi dirinya tak perlu memulai dari awal karena sudah pernah mencalonkan diri sebagai Wali Kota tahun 2010 lalu.

asminzainal”Secara pribadi saya siap maju. Dan saya sudah punya sedikit pengalaman saat mencalon (Pilwako) 2010 lalu,” kata Zaenal saat menghadiri perayaan Imlek di rumah pribadi Asmin Patros, Perumahan Dutamas, Batamcenter, Kamis (19/2).

Dikatakannya, jika terpilih sebagai calon wali kota dari Partai Golkar, dirinya berkeyakinan menang dan bisa mengalahkan calon lainnya. Pihaknya juga berencana mengandeng partai lain untuk mendapatkan kemenangan.

”Kalau sudah siap, berarti sudah yakin menang. Apalagi mendapat support dari partai sendiri dan partai pendukung,” sebut pria yang kini menjabat  sebagai Wakil DPRD Batam.

Namun, kata Zaenal, hingga saat ini DPD Partai Golkar belum memulai tahapan untuk memilih kandidat yang akan dicalonkan sebagai Wali Kota Batam. Dimana untuk memilih calon pihaknya akan melakukan penjaringan dari kader Golkar. Kandidat terpilih nantinya akan dievaluasi serta disaring kembali agar mendapatkan calon terbaik.

”Ada mekanisme yang harus dilakukan untuk mendapatkan calon. Calonnya juga bisa dari dalam atau luar, yang penting disaring terlebih dahulu,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Asmin Patros menegaskan calon yang akan dipilih untuk maju pada Pilwako adalah kader terbaik. Dimana kemungkinan, calon itu akan mengarah kepada Zaenal Abidin karena merupakan kader terbaik.

”Tujuan kita adalah untuk menang, maka kita akan memprioritaskan kader terbaik. Dan itulah yang kita andalkan. Sampai saat ini Pak Zaenal Abidin termasuk ke dalam salah satu kader terbaik,” beber Asmin.

Namun, Asmin tak menolak jika partai juga mencalonkannya maju untuk Pilwako nanto. Alasanya, karena dirinya salah satu petugas partai yang harus menjalankan tugas dari partai yang mendukungnya selama ini. ”Kalau ditunjuk, secara pribadi saya siap. Tapi tidak bisa saya pastikan. Masih ada juga Pak Zainal Abidin,” ujarnya.

Terkait dengan Pilwako Batam, Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri, Soerya Respationo, mengungkapkan untuk partainya, belum mulai proses untuk menjaring calon dari mereka. ”Sampai saat ini, kita masih bicara Pilkada Kepri. Kita baru tahu, ternyata Pilwako Batam, setelah diputuskan sama,” katanya.

Soerya menyebut untuk Pemilihan Wali Kota Batam akan dibicarakan dengan DPC. Dimana, untuk menentukan figur yang akan mereka usung, PDIP melalui tahapan penjaringan dan penyaringan sebelum ditetapkan. Penjaringan di PDI diperkenalkan dengan sebutan jaring asmara atau jaring aspirasi masyarakat.

”Kami gunakan mekanisme penjaringan dan penyaringan. Semua nama akan diteruskan DPD PDIP sebelum diputuskan,” ujar Soerya.

Diakui Soerya jika di Kepri dan Batam, bersama kabupaten/kota lain, yang Pilkada serentak, pihaknya tidak kaku dalam koalisi. Koalisi partai di tingkat provinsi, tidak harus sama dengan di kota. ”Karakteristik setiap daerah berbeda. Dan kita akan menjaring perhatian masyarakat hingga ke tingkat bawah,” jelasnya. (she)

Respon Anda?

komentar