Catat, Wawako Bilang, Pengangkutan Sampah Normal Kembali

183
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Wakil Wali Kota Batam, Rudi menegaskan pengangkutan sampah sudah kembali normal. Pemenang lelangnya sudah ada.

Retribusi-sampah-3-F,yusnadi

”Saya minta pemenang lelang untuk profesional dalam bekerja. Proses lelang pengangkutan telah selesai, dan kontrak telah ditandatangani 9 Februari lalu,” sebut Rudi kemarin.

Untuk wilayah II, papar Rudi, sudah dilaksanakan PT Royal Gensa Asih. Mereka yang menang lelang. Artinya, kendaraan untuk wilayah I dan III yang tadinya membantu di wilayah II sudah kembali ke normal.

Untuk realisasi pembayarannya akan disesuaikan dengan tonase sampah yang diangkut pemenang lelang. Misalnya tonase sampah dihitung biayanya tak sampai Rp 13 miliar, misalnya cuma Rp 11 miliar, ya yang dibayar hanya Rp 11 miliar itu. Tetapi nilainya  tak bisa lebih dari Rp 13 miliar.

Ia menjelaskan, untuk pengangkutan sampah ini, Batam dibagi menjadi tiga bagian. Wilayah I mencakup Kecamatan Batam Kota, Nongsa, dan Seibeduk. Wilayah II terdiri dari Kecamatan Lubukbaja, Batuampar, dan Bengkong. Sementara wilayah III meliputi Kecamatan Sekupang, Batuaji, dan Sagulung.

Awalnya pengangkutan sampah di ketiga wilayah ini dilakukan pihak ketiga atau swasta yang memenangkan lelang. Tapi sejak beberapa tahun terakhir, Pemko Batam berupaya melakukan swakelola pengangkutan sampah secara bertahap. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar