Bengkong Lautan Sampah

199
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Anak sungai di Bengkong Laut bak lautan sampah. Tiap hari sampah menggunung hingga mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Warga serta nelayan di kawasan itu mengeluhkan banyaknya sampah yang tidak pernah dibereskan.

Muara sungai bahkan menjadi dangkal akibat tumpukan sampah. Anak sungai ini ibarat tempat pembuangan sampah dari masyarakat sekitarnya.

Musa, Ketua Forum Nelayan Kecamatan Bengkong mengaku prihatin dengan banyaknya sampah tersebut. Apalagi, kata dia, hampir setiap pagi orangtua yang mengantarkan anaknya ke sekolah ikut nimbrung membuang sampah mereka ke sungai tersebut.

”Sering terlihat orangtua yang lewat sambil mengantarkan anaknya ke sekolah pagi-pagi dari jembatan, juga sekaligus membuang sampah disini,” ujar Musa.

Menurut Musa, para nelayan ikut merasakan dampak dari tumpukan sampah tersebut karena tiap hari harus melintas anak sungai sambil mencium bau busuk yang menyengat.

”Keluar masuk kapal, sampah sering nyangkut di mesin, kami tidak bisa cepat dan mesin cepat rusak,” katanya.

Parahnya lagi, sambung Musa, saat turun hujan, nelayan tidak bisa kembali ke rumah karean aliran sungai dipenuhi sampah. ”Kalau hujan terlalu banyak sampah yang nyangkut,” ujarnya lirih.

Ia pun berharap anak sungai di Bengkong Laut itu bisa dinormalisasi. (cr14)

Respon Anda?

komentar