Deki Permana Menyusul Abob

232
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Berkas Deki Permana, Mualim Kapal Sentana, Selasa (24/2) kemarin dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru untuk menjalani proses tahap II dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) penyelewengan BBM.

Deki mnyusul Ahmad Mahbub alias Abob dan empat rekannya yang pun dijerat dan disidangkan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Pekanbaru, Abdul Farid kepada wartawan memaparkan Deki Permana merupakan bagian dari tindak kejahatan yang dilakukan Abob dan kawan-kawan dalam menjual BBM bersubsidi secara ilegal ke Singapura menggunakan kapal tanker.

“Deki memuat BBM bersubsidi di kapal tersebut. Kapal Sentana merupakan tipe mini,” katanya.

Lima orang yang menjadi terdakwa dalam kasus ini adalah dua otak pelaku Ahmad Mahbub alias Abob dan adiknya Pegawan Negeri Sipil (PNS) Kota Batam, Niwen Khairiyan serta Dunun alias Aguan, Arifin Ahmad dan Yusri.

Pada sidang dengan agenda pembacaan dakwaan Rabu (4/2) pekan lalu, mereka dijerat pasal berlapis dengan ancaman hukuman hingga 20 tahun penjara.

Kasus ini terungkap dari transaksi mencurigakan yang ditemukan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dari rekening Niwen. Temuan ini kemudian dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri. (ali/rpg)

Respon Anda?

komentar