3 Calon Ketua Kadin Batam Paparkan Visi & Misi Secara Terbuka

368
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Bedah visi misi calon Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Batam berlangsung di Atrium Barat Mega Mall Batam Centre, Selasa (24/2) pukul 15.00 WIB. Ketiga kandidat, yakni Amat Tantoso, H Abdul Razak, serta Jadi Rajagukguk bergantian memaparkan visi dan misinya.

Tiga calon Ketua Kadin Batam, (dari kiri) Jadi Rajagukguk, H Abdul Razak, dan Amat Tantoso memaparkan visi-misinya di Atrium Mega Mall Batam Center, Selasa (24/2).  Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Tiga calon Ketua Kadin Batam, (dari kiri) Jadi Rajagukguk, H Abdul Razak, dan Amat Tantoso memaparkan visi-misinya di Atrium Mega Mall Batam Center, Selasa (24/2).
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

Hadir juga panelis dari unsur stakeholder baik dari Batam maupun Provinsi Kepri, di antaranya dari Pemerintah Kota Batam, BP Batam, DPRD Provinsi Kepri, ekonom, serta Kadin Kepri.

Masing-masing kandidat dalam menyampaikan visi misi diberikan waktu selama 5 sampai 10 menit. Selanjutnya, masing-masing panelis diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan.

Amat yang mendapat kesempatan pertama, mengatakan akan menjadikan Kota Batam sebagai penggerak pembangunan ekonomi yang kuat dan siap berdaya saing. ”Saya siap mewujudkan kebangkitan Batam sebagai lokomotif pembangunan ekonomi yang tangguh, berdaya saing tinggi, dan siap menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean, red),” tegasnya.

Amat mengaku terinspirasi dari Ahok (Gubernur DKI Basuki Cahya Purnama). ”Ahok mampu, kenapa saya tidak. Semenjak kepemimpinannya ekonomi Jakarta cenderung membaik,” ujarnya.

Selain itu, kata Amat, dia juga akan merangkul seluruh asosiasi pengusaha maupun seluruh element masyarakat.

Abdul Razak mendapatkan kesempatan kedua. Ketika ditanya tentang pemimpin Kota Batam ke depan, Razak menyampaikan Kadin seyogyanya mendukung kandidat yang berlatar belakang pengusaha. ”Harusnya dari kalangan pengusaha, karena pengusaha tahu,” ucap calon yang disebut sebagai Kuda Hitam ini.

Sementara kandidat ketiga, Jadi Rajagukguk mengatakan dirinya siap untuk meningkatkan daya saing dan menciptakan wirausaha, terutama dalam era perdagangan bebas atau MEA.

Jadi yang ditanya tentang tumpang tindih kebijakan antara BP Batam dan Pemko Batam, berpendapat sebaiknya ada sinergi antara kedua lembaga pemerintah tersebut. ”Mereka (BP dan Pemko) kan tahu batasan masing-masing. Seperti masalah lahan di Galang, kami (Kadin Batam) memfasilitasi pertemuan antara BP dan Pemko, semuanya clean and clear,” papar Jadi.

Sementara itu, Razak menambahkan, tidak ada masalah antara BP Batam dan Pemko Batam. ”Itu malah bagus karena ibarat kapal, kita memiliki dua mesin,” tukasnya.
Mengenai masih adanya demonstrasi buruh, Razak berpendapat harus ada harmonisasi antara pengusaha dan pekerja, karena tidak akan ada pengusaha tanpa buruh, begitu juga sebaliknya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadin Kota Batam, James Maryanus Simare-Mare mengatakan bedah visi misi kandidat Ketua Kadin Batam ini, bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang gambaran masing-masing calon-calon. ”Melalui acara ini kita berikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, kaitan dengan visi misi mereka (calon Ketua Kadin, red),” ujarnya.

James mengaku, acara ini merupakan salah satu persiapan Musyawarah Kota (Mukota) Kadin Batam yang akan digelar di Gedung Sumatera Promotin Center (SPC), Kamis (26/2) besok. (cr14/gusrianda)

Respon Anda?

komentar