Pasokan Beras Batam Aman Hingga Maret

207
Pesona Indonesia

batampos.co.id- Menyikapi turunnya pasokan beras akibat gagal panen di Jawa, Pemko Batam mengadakan koordinasi dengan Bulog. Hasilnya, beras di Kota Batam diperkirakan masih cukup hingga Maret mendatang.

“Stok masih cukup untuk tiga sampai empat pekan ke depan. Ini hasil koordinasi dengan Bulog,”ujar Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Sumber Daya Mineral Kota Batam Amsakar Achmad, Selasa (24/2).

Ia mengatakan, pihaknya sudah mengadakan pengecekan harga ke pasar dan dipastikan harga relatif stabil, rata-rata Rp 7.000 per kg. Disperindag juga melakukan pantauan ke distributor beras, dan diketahui pasokan masih cukup.

“Di gudang relatif tidak ada persoalan, di Batam belum berimbas kejadian di Jawa. Tidak ada lonjakan kenaikan harga,” kata dia.

Meski begitu, pemerintah tetap akan mengawasi dan memantau perkembangan stok beras ini.

Pemko Batam juga akan menggelar rapat terbatas bersama Bulog guna membahas langkah antisipasi gejolak pangan pada pekan depan.

Ditanya mengenai kemungkinan impor, ia mengatakan bisa saja terjadi, bila memenuhi ketentuan.

“Import dimungkinkan bila ketersediaan lokal terbatas, gagal panen dan sebagainya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Subdivre Bulog Batam, Pangadilan Lubis meyakinkan pasokan beras di Batam cukup.

Harga beras di pasaran pun normal, karena masih di bawah Rp 7.000 per kg. Dengan kondisi itu, menurut dia belum perlu langkah antisipasi berlebihan terkait dengan gagal panen di Pulau Jawa. (bp)

Respon Anda?

komentar