Hasil Masa Reses DPRD Batam: Usulan Pembangunan Nonfisik Minim

196
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Usulan pembangunan yang disampaikan masyarakat Kecamatan Batamkota kepada anggota DPRD Kota Batam Dapil II yang menjalani masa reses di Kecamatan Batam Kota, Rabu (25/2) didominasi usulan pembangunan infrastruktur. Sedangkan usulan pembangunan nonfisik seperti pemberdayaan masyarakat masih jauh dari harapan.

”Padahal yang juga tak kalah penting itu pembangunan sumber daya manusia, apalagi mau hadapai MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), tapi kenyataannya masyarakat kurang antusias pada hal ini,” ujar anggota Komisi II DPRD Kota Batam, Hendra Asman usai acara.

Menurut Asman, jika semua terfokus pada pembangunan infrastruktur maka dikhawatirkan kualitas kehidupan masyarakat termasuk aspek ekonomi akan ketinggalan dibanding negara-negara lain di kawasan Asean.

Lebih dari itu, usulan pembangunan infstruktur itu sendiri juga akan terbentur dengan minimnya anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Batam.

”Postur anggaran hanya Rp 2,3 triliun, tapi usulan pembangunan mencapai Rp 4 triliun. Sayangnya, yang bisa terealisasi hanya Rp 400 miliar,” beber Politisi Golkar tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Batam, Helmy Hemilton yang juga hadir di acara tersebut mengatakan tak semua usulan pembangunan infrastruktur bisa terwujud mengingat keterbatasan dan alokasi anggaran pembangunan fisik yang hanya Rp 400 miliar.

”Maka itu ada skala prioritas, mana yang mendesak kita dahulukan seperti jalan berlubang, kalau gak kan kan itu membahayakan,” ujar Politisi Partai Demokrat tersebut. (rna)

Respon Anda?

komentar