Para Ibu, Stok Beras Aman untuk 2,5 Bulan ke Depan

239
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Fenomena kenaikan harga beras di tingkat nasional tak berdampak ke Batam. Perum Bulog Batam menyatakan harga beras di Batam terpantau stabil dan ketersediaan beras dinyatakan aman.

Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra bersama Sekertaris TPID Kota Batam, Syuzairi memberikan keterangan terkait ketersediaan beras di Batam, Kamis (26/2).  Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra bersama Sekertaris TPID Kota Batam, Syuzairi memberikan keterangan terkait ketersediaan beras di Batam, Kamis (26/2).
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

”Stok beras masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat selama 2,5 bulan ke depan,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, menirukan pernyataan pihak Bulog padanya saat rapat Tim Penanggulan Inflasi Daerah (TIPD) tingkat Kota Batam,Kamis (26/2).

Sebagai daerah nett impor beras, kata dia, kebutuhan beras di Batam sangat tergantung dari pasokan beras dari luar negeri. Sehingga, ketika suplai beras lokal terganggu akibat banjir atau bencana alam lainnya seperti yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir, suplai beras di Batam tetap aman terkendali. Kecukupan stok otomatis berpengaruh pada stabilnya harga.

”Dari hasil pantauan Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdangan) dan BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Batam, harga beras di tingkat pedagang eceran masih stabil dan tidak ada gejolak berarti,” beber Gusti didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Batam, Syuzairi yang juga menjabat Sekretaris TPID Kota Batam.

Lebih lanjut, Gusti menyampaikan rekomendasi TPID yang ditujukan untuk BP dan Pemko Batam, agar mendorong para petani untuk memanfaatkan lahan kosong terutama di Pulau Rempang-Galang untuk investasi di bidang pertanian dan peternakan.

”Itu merupakan langkah awal yang krusial dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri,” jelasnya. (rna)

Respon Anda?

komentar