Distribusi Raskin Bagi 30 Ribu Masyarakat Miskin

158
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan meminta sistem distribusi beras miskin (raskin) di Kota Batam agar tepat sasaran. Karena itu, tugas pihak kecamatan ke bawah harus benar-benar mendata dan memastikan penerima berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah (miskin).

”Bukanlah perkara mudah mengurusi 30 ribu masyarakat miskin ini, meski saya tidak yakin 30 ribu yang menerima bantuan ini riil miskin,” ujar Dahlan saat membuka sosialisasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan (SPP) program raskin di Kantor Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Jumat (27/2).

Tugas pendataan itu, sambung Dahlan, diembankan pada camat, lurah, hingga ke tingkat pengurus RT/RW untuk memilih dan memilah calon penerima. Tak hanya itu, para pendata juga diminta tidak mendahulukan keluarga dekat.

”Karena sayang rasanya bila program untuk orang miskin, tapi dinikmati oleh yang tidak miskin, itu naif,” ucap politisi Demokrat itu.

Dahlan mengatakan kondisi Batam yang pertumbuhan ekonominya di atas rata-rata nasional, dengan investasi yang terus masuk, tidak menjamin seluruh masyarakatnya sejahtera. Karena ada sebagian pendatang yang tidak memiliki keahlian sesuai kebutuhan industri di Batam.

Karena itu, Wali Kota juga meminta agar calon penerima diutamakan yang telah berdomisili lama di tempat tinggalnya. (cr14/rna/bpos)

Respon Anda?

komentar