Ketua Geng Motor Ting Tung Family Terancam 10 Tahun Penjara

382
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Ketua Geng Motor Sangar atau biasa dikenal dengan Ting Tung Family terancam hukuman pidana 10 tahun penjara.

Pria bernama Julius Lobang alias Uko alias Ucok, 25, dijerat dalam dua perkara berbeda, yakni pencurian dengan kekerasan dan membawa senjata tajam tanpa izin.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Batam, Ali Akbar, mengatakan pihaknya baru saja menerima limpahan berkas dari penyidik Polresta Barelang. Dimana pada tahap dua tersebut, penyidik menyerahkan tiga orang tersangka beserta barang bukti senjata tajam serta sepeda motor curian.

“Perkaranya sudah tahap 2 dan dilimpahkan ke kita. Ada tiga tersangka yang diserahkan yakni Julius Lobang, Yakob Djaha dan Iw tersangka yang masih di bawah umur,” kata Ali di ruang kerjanya, Senin (2/3)

Sementara waktu ketiga tersangka dititipkan di Rutan Baloi sebelum proses pelimpahan ke Pengadilan Negeri Batam. Rencanannya berkas ketika tersangka akan dilimpahkan pekan ini ke pengadilan. Ketika dilimpahkan berkas ketiganya berubah menjadi terdakwa.

“Di penyidik (polisi) IW tak ditahan dan jadi tahanan rumah, alasannya masih sekolah. Namun, kita melakukan penahanan. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Mudah-mudahan minggu ini berkas sudah kita limpahkan ke pengadilan,” kata Ali.

Menurut dia, ketiga tersangka dijerat dengan pasal 170 tentang pengeroyokan yang mengakibatkan korbannya mengalami luka dan pasal 2 Undang-Undang darurat tentang Perizinan Membawa Senjata Tajam.

“Sebenarnya mereka dikenakan pasal 170, tapi dalam dakwaan nanti mungkin mereka akan kita kenakan dengan pasal tambahan Undang-Undang Darurat,” jelasnya.

Dilanjutkanya, khusus untuk Uko Lobang dijerat dalam dua perkara berbeda. Dimana dalam perkara pertama, Uko dianggap bersama-sama melakukan kekerasan dan pencurian. Sedangkan perkara kedua dilakukan di simpang empat Golden Prawn seorang diri dan masih menggunakan senjata tajam.

Sebelumnya Polresta Barelang berhasil meringkus sembilan anggota geng motor yang juga pelaku perampokan dengan korban Yg, 15, di jalan raya depan Kampung Nanas.

Masing-masing anggota geng motor ini di antaranya Ucok Lobang alias Ucok, 25, Ah, 13, My, 14, Rrh, 14, Isak Laalo, 24, Niko Ardianto Siahaan, 25, Willianda, 26, Yakob Djaha, 22. Mereka merupakan geng motor wilayah Batamcenter dan dibekuk setelah polisi menembak betis Uko ketua geng motor.

Kelompok ini salah satu geng motor terbesar dan tergorganisir di kota Batam. Karena geng motor itu beranggotakan lebih dari 25an orang remaja putus sekolah dan memiliki bendera tersendiri. Dalam beraksi, mereka tak segan-segan melukai korbannya. Namun setelah melakukan penyidikan, polisi akhirnya hanya menetapkan tiga orang sebagai tersangka. (she/bpos)

Respon Anda?

komentar