Lapor Pak Wali Kota, Ada 40 Titik Banjir di Batam

243
Pesona Indonesia

batampos.co.id -Titik banjir di Batam terus bertambah dari sebelumnya 37 titik, kini sudah bertambah sekitar 40-an titik banjir. Hal ini diungkapkan langsung Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Batam, Yumasnur.

Hal ini pun sangat mengganggu warga di tiap kecamatan di kota ini. Karenanya, pPembangunan infrastruktur mengatasi dan menanggulangi banjir, seperti drainase, batu miring, serta pembangunan jalan paling banyak diusulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan dan kecamatan yang saat ini masih berlangsung.

”Di mana-mana Musrenbang itu, kebanyakan warga mengusulkan pembangunan infrastruktur penanggulangan banjir. Kalau dikalkulasi dari kelurahan, mungkin sudah ada ratusan usulan,” ujar Kepala Dinas Tata Kota Pemko Batam Gintoyono Batong, Senin (2/3).

Meski demikian, kata Gintoyono, usulan tersebut tidak semuanya akan direalisasikan. Dimana akan tetap ada skala prioritas. Untuk drainase, batu miring dan sebagainya akan dilakukan langsung pantauan dan kajian ke lapangan.

”Kalau pun yang tidak bisa direalisasikan tahun ini, mungkin dalam anggaran periode berikutnya tetap bisa,” katanya.

Werton Panggabean, anggota Komisi III DPRD Kota Batam, mengatakan usulan penanggulangan banjir ini memang masuk akal. Mengingat masalah banjir di Batam ini harus ditanggapi serius dan diberi porsi lebih. Sebab, ketika musim hujan, maka banjir akan mengelilingi wilayah Kota Batam.

”Kalau hujan sebentar saja, di mana-mana sudah terjadi banjir. Ini parah kalau tidak segera diatasi,” jelas Werton.

Menurutnya, banyaknya usulan untuk penanggulangan banjir di musrenbang, menunjukkan masalah ini sudah sangat parah, dan masyarakat sangat perduli terhadap persoalan ini. Untuk itu, dia berharap pemerintah menampung aspirasi masyarakat ini dengan objektif. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar