Bulan Mei Ada Operasi Katarak Gratis

515
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) akan menggelar bakti sosial (baksos) operasi katarak gratis, selama tiga hari, mulai 21 Mei 2015 sampai 23 Mei 2015 mendatang.

Meskipun masih dua bulan lagi, pendaftaran sudah dibuka sejak Minggu (1/3/2015) lalu. Panitia membatasi masa pendaftaran peserta operasi katarak hingga 30 April mendatang.

“Syarat peserta membawa foto kopi KTP dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW setempat,” kata dr Hafizah, SpM, ketua panitia baksos operasi katarak gratis RSAB Batam, Selasa (3/3).

Hafizah mengatakan sebelum dioperasi, peserta akan di-screening lebih dahulu, mulai tanggal 1-15 Mei. “Dari Senin sampai Sabtu pukul 12.00-14.00 WIB,” terangnya.

Menurut Hafizah, ada beberapa alasan mengapa dilaksanakan operasi katarak gratis di Batam. Di antaranya karena masalah geografis, dimana penduduk Batam tersebar di pulau-pulau.

“Salah satu penyebab Katarak karena sering terpapar matahari, sedangkan masyarakat kita banyak yang berprofesi sebagai nelayan dan petani yang sering terpapar matahari, maka tak heran jika orang di pulau terkena katarak,” papar Hafizah.

Alasan lainnya, yaitu distribusi dokter mata hanya ada di tingkat kabupaten, dan tingginya biaya operasi katarak.

Selain itu, kata Hafizah, baksos ini juga ingin mensukseskan program WHO Vison 2020, yaitu The Right to Sight. “Di tahun 2020 tidak boleh lagi ada orang yang buta, karena penyakit mata bisa dicegah,” paparnya.

“Karena optimalisasi penglihatan merupakan hak azazi manusia,” tegas perempuan berjilbab itu.

Hafizah menyatakan penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia adalah katarak. “Di Awal Bros aja per bulannya (operasi katarak) mencapai 60 sampai 80 mata,” ungkapnya.

Baksos operasi katarak gratis ini juga dirancang bisa memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). “Target kami 400 mata,” pungkas Hafizah. (ryh)

Respon Anda?

komentar