Lagi, 14 TKI dan Satu Bayi Dideportasi Dari Malaysia

161
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Sebanyak 14 tenaga kerja Indonesia bermasalah (TKIB) dewasa yang bekerja di Malaysia dideportasi dari Malaysia dan dipulangkan ke Batam melalui pelabuhan Internasional Batamcenter, Jumat (6/3) sekitar pukul 11.30 WIB.

Satu dari 14 TKIB tersebut juga turut membawa bayi. Mereka dipulangkan oleh Konsulat Jenderal Johor Bahru karena ditemui bermasalah saat mengais Ringgit di negeri Jiran tersebut.

Di pelabuhan Batam Center, rombongan TKIB tersebut dijemput oleh Dinsos Batam bersama Febriana pendamping TKIB Kementerian Sosial.

“Akhirnya tiba juga di Indonesia, tobat saya, nggak mau lagi ke sana,” ujar Nursiah salah satu TKIB asal pulau Jawa itu usai turun dari kapal.

Kepada wartawan Nursiah menuturkan, kepulangannya ke Indonesia merupakan hal yang dinanti-nantikan, sejak dua tahun bekerja sebagai pembantu rumah tanggal di Malaysia.

“Tak bebas di sana, sudah begitu, tak jelas gaji, kadang dibayar kadang tak, bagusnya pulang saja,” ujarnya.

Perwakilan Kementerian Sosial Febrina mengatakan, umumnya TKIB yang dipulangkan itu tersandung kasus dokumen kerja.

“Paling banyak yang bermasalah dengan dokumen, mereka TKI Illegal, beberapa juga tersandung kasus dengan majikan, ada yang gaji tak dibayar, disiksa dan lainnya,” ujar Febrina.

Untuk sementara, para TKIB itu akan diserahkan  ke Dinsos Batam sebelum dipulangkan ke Kampung halamannya masing-masing. (eja)

Respon Anda?

komentar