Warga Miskin dan Butuh Bantuan Siap-Siap Didata Pemerintah

197
Pesona Indonesia

batampos.co.id –  Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan memverifikasi ulang jumlah warga miksin atau kurang mampu yang akan menerima bantuan dari pemerintah baik pusat maupun daerah.

Sebab, selama ini masih banyak warga yang kurang mampu yang tidak terdata dan tidak mendapatkan haknya. Makanya, pendataan penerima program tersebut harus objektif.

”Kami akan melakukan verifikasi data. Saya akui, misalnya untuk beasiswa ada beberapa warga yang memiliki ekonomi mampu yang malah mendapatkannya. Saya tidak setuju dengan hal ini. Itu adalah hak-hak warga yang kurang mampu,” ujar Wakil Wali Kota Batam, HM Rudi,Jumat (6/3).

Menurut Rudi dalam pendataan sebelumnya masih ada ribuan warga yang tergolong kurang mampu yang belum mendapatkan program pengentasan kemiskinan, seperti beasiswa kurang mampu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan program lainnya. Ia meminta agar semua kelurahan bisa melakukan pendataan se objektif mungkin.

”Jadi harus benar-benar yang mendapatkannya. Saya minta semua lurah benar-benar mendata tanpa ada pertimbangan kedekatan dan sebagainya. Siapa yang kurang mampu, itu yang disampaikan kurang mampu,” jelasnya.

Demikian halnya untuk program RTLH, ia berharap agar warga yang rumahnya memang tidak layak huni dan hanya satu unit yang menerima.Termasuk juga raskin, dibagikan harus kepada yang membutuhkan.

Marlon Brando Siahaan, anggota Komisi IV DPRD Batam pun meminta supaya pendataan ulang ini benar-benar objektif.

“Jangan sampai yang benar-benar membutuhkan malah tidak dapat,” katanya. (ian/bpos)

Respon Anda?

komentar