Antisipasi Kejahatan, Pemko Batam Pasang CCTV di Berbagai Sudut Kota

264
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan memasang fasilitas kamera pemantau atau Close Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik di Kota Batam. Tujuannya, untuk mempermudah aparat penegak hukum memantau keamanan sekaligus diharapkan dapat meminimalkan angka kriminalitas di Kota Batam.

”Kapolresta (Kombes Pol Asep Syafrudin) memaparkan situasi terakhir, dan merekomendasikan supaya dipasang CCTV,” ujar Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, kemarin (1/9).

Menurut Wali Kota, perkembangan Batam yang telah beranjak jadi kota metropolitan dinilai rawan dengan munculnya aksi kejahatan. Termasuk, kejahatan jalanan yang jumlahnya juga tak sedikit. Karena itu, dengan adanya CCTV ini diharapkan dapat membantu pihak Kepolisian dalam memantau aksi kriminalitas tersebut.

Sehingga, aparat keamanan dapat sigap bertindak jika ada aksi-aksi yang menyalahi aturan.

”Selain itu, kalau ada CCTV orang yang mau berbuat jahat akan pikir-pikir ulang,” kata Wali Kota Batam dua periode itu.

Dahlan juga mengaku telah menindaklanjuti masukan dari Kapolrestas tersebut. Ia telah menginstruksikan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Badan Komunikasi dan Informatika agar menganggarkan pemasangan CCTV di sejumlah titik Kota Batam.

”Saya minta untuk dianggarkan pada 2016. Perda (peraturan daerah) sudah ada, software-nya sudah ada, tinggal hardware-nya saja,” ujar dia.

Meski akan dipasang CCTV sebagai alat bantu pengawasan, Dahlan tetap meminta agar masyarakat menjaga diri masing-masing. Terlebih, aksi kejahatan bisa mengancam di mana saja dan kapan saja. ”Jagalah diri dan keluarga dari kejahatan, lebih waspada,” pesan Wali Kota.

Ia juga mengimbau pada jajaran lurah, tingkat rukun tetangga (RT) dan Rukun warga (RW) agar berperan aktif di lingkungannya dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

”Jika melihat ada tindakan kriminal, laporkan ke aparat,” katanya. (rna/bpos)

Respon Anda?

komentar