Polisi Hutan Amankan 3 Kubik Kayu Curian

329
Pesona Indonesia
Tumpukan kayu yang diamankan. foto: dalil harahap / batampos
Tumpukan kayu yang diamankan.
foto: dalil harahap / batampos

batampos.co.id – Satuan Polisi Kehutanan Batam, Selasa, (1/9) mengamankan tiga kubik kayu Bintangor di Hutan Lindung Sei Harapan, Batam.

Kepala Seksi Pengawasan dan Perlindungan Hutan, Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam, Burhan Pasaribu mengatakan, kasus pencurian kayu ini berhasil terbongkar setelah adanya laporan dari masyarakat sekitar.

“Dari informan kami, ada aktivitas pembalakan liar di lokasi hutan lindung. Setelah kami cek memang benar dan kami menemukan dua titik pembalakan,” kata Burhan, Selasa (1/9).

Pantauan di lapangan, kayu-kayu yang belum dibentuk ini disembunyikan di dua lokasi, pertama semak-semak dan yang kedua di dalam genangan air. Kayu ini memiliki panjang sekitar empat meter serta ukuran yang beragam, mulai dari 16-30 cm.

Ia menambahkan, tiga kubik kayu ilegal logging ini selanjutnya akan dibawa ke kantor KP2K untuk diamankan. Dan selama dua minggu akan dibuat pengumuman, siapa yang memiliki, silakan mengambil di kantor di kantor KP2K Sekupang.

“Selama dua minggu tidak ada yang mengaku memiliki kayu-kayu tersebut, baru kami lelang,” paparnya.

Sementara itu, Kordinator Perlindungan Hutan, Polisi Hutan Lajahidi mengatakan, meskipun pihaknya tidak berasil menangkap pelaku pencuri kayu. Namun pada penangkapan kali ini, pihanya berhasil mengamankan dua unit sepeda motor.

“Nanti sepeda motor ini akan kami bawa ke Samsat untuk mencari tahu siapa yang memilikinya,” kata Lajahidi. (rng)

Respon Anda?

komentar