TNI AL Bekuk Otak Perompak MT Orkim

365
Pesona Indonesia

kapal_malaysia_tanker-0rkimbatampos.co.id – Tim gabungan dari Armabar dan Western Fleet Qquick Response (WFQR) berhasil menangkap AJ, otak pelaku perompakan MT Orkim Harmony di salah satu apartemen wilayah Jakarta, Kamis (27/8) lalu.

Pria ini juga diketahui sebagai pemilik tugboat perompak TB Malabo berbendera Indonesia. Tugboat ini ditemukan di perairan Pulau Seloko Teluk Senimba Tanjungriau, Batam, beberapa waktu lalu.

Panglima Koarmabar, Laksamana Muda TNI Taufiq, mengatakan pihaknya sejauh ini telah mengamankan lima pelaku.

”Total yang kami amankan lima orang. Kami juga berkoordinasi dengan Vietnam dan mengamankan 8 orang pelaku lainnya,” katanya, Selasa (1/9) di Mako Lanal Batam.

Sementara dari pengakuan AJ, ia sudah empat kali melakukan perompakan terhadap kapal tanker. Hanya saja, perompakan itu dilakukan atas pesanan atau skenario.

”Ternyata perompakan selama ini hanya skenario saja. Dan dipastikan 95 persen perairan Indonesia ini aman,” tegasnya.

Taufiq menambahkan skenario tersebut di antaranya oleh buyer, broker, dan kru kapal. Biasanya skenario ini disusun di negara tetangga Indonesia.

Selain itu, lanjut Taufiq, modus perompakan lainnya adalah persaingan bisnis. Biasanya para pelaku perompakan ini akan diminta oleh para pemain minyak lainnya untuk mengincar lawan bisnis.

”Nah, akibat dirompak, jadi saingan itu akan bangkrut dan tidak ada persaingan lagi. Ditambah dengan modus asuransi agar mendapat keuntungan dua kali lipat,” terangnya. (opi/npos)

Respon Anda?

komentar