KaDisparbud Kota Batam: Kunjungan Wisman Naik 7 Persen

228
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam, Yusfa Hendri mengungkap kenaikan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Batam selama periode Juli lalu.

”Naik tujuh persen dibanding periode yang sama tahun lalu,” kata Yusfa, kemarin (3/9).

Pelemahan nilai tukar rupiah diindikasi jadi salah satu alasan bertambahnya jumlah wisman ke Batam. Pasalnya, dengan makin melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika maupun mata uang negara lain, maka nilai uang negara asing makin besar jika dikonversikan ke rupiah.

”Sehingga dengan jumlah uang yang lebih sedikit, wisman bisa mendapatkan fasilitas liburan seperti yang mereka dapatkan di tempat lain,” jelas Yusfa.

Tak hanya itu, dia juga menyebut langkah agresif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menggelar promosi wisata dan memasang iklan ke beberapa negara luar juga dinilai punya andil. Sehingga, wisman dari beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang datang ke Batam dan Kepri jumlahnya turut merangkak naik.

”Berbagai event (acara) pasti juga berpengaruh,” katanya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam mencatat jumlah wisman yang berkunjung ke Kota Batam pada Juli 2015 mencapai 109.931 orang, mengalami peningkatan sekitar 7,78 persen dibanding Juli 2014. Meski begitu, jika dibanding Juni 2015, jumlah wisman yang masuk ke Batam mengalami penurunan sekitar 17,08 persen yang jumlahnya mencapai 132.569 orang.

Wisman yang berkunjung ke Kota Batam pada Juli 2015 didominasi oleh wisman berkebangsaan Singapura dengan jumlah pengunjung sebanyak 57.492 orang atau sekitar 52,30 persen dari jumlah wisman yang berkunjung ke daerah ini.

Lembaga ini juga mencatat, jumlah wisman yang berkunjung ke Kota Batam selama periode Januari-Juli 2015 mencapai 875.375 orang, mengalami peningkatan sekitar 8,34 persen dibanding jumlah wisman pada periode yang sama tahun 2014 yang mencapai sebanyak 807.984 orang. (rna/bpos)

Respon Anda?

komentar