Survei Nilai KHL Batam September Rp 2.810.785

224
Pesona Indonesia
Pasar---F,-Johannes-Saragih
foto: johannes saragih / batampos

batampos.co.id – Wakil Ketua Umum Dewan Pengupahan Kota Batam mewakili akademisi, Lagat Siadari mengatakan berdasarkan survei ke pasar-pasar utama di Batam, nilai standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL) bulan September ini adalah Rp 2.810.785.

”Nilai ini meningkat dari bulan sebelumnya, yakni Rp 2.757.728. Survei ini berdasarkan harga kebutuhan sehari-hari seorang pekerja,” kata Lagat, kemarin (3/9).

Lagat menjelaskan nilai KHL ini berdasarkan 60 item yang dibagi lagi ke dalam tujuh komponen, seperti kebutuhan pangan, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, transportasi, dan tabungan.

Survei ini dilakukan secara bersama-sama oleh serikat pekerja yakni Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), dan Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI).

Survei dilakukan di tiga pasar yang dianggap besar di Batam yakni Pasar Angkasa Bengkong, Pasar Botania Batamcenter,  dan Pasar Aviari Batuaji.

”Ikut juga perwakilan dari Kadin dan Apindo,” sebut Lagat.

Lagat kemudian menjelaskan nilai KHL bulan Oktober nantilah yang akan menjadi indikator dalam perumusan UMK.

”Bisa saja jumlahnya nanti dekat dengan KHL atau malah jauh,” katanya lagi.

Nilai KHL bulan Oktober bisa turun atau naik tergantung fluktuasi kurs rupiah terhadap dolar Amerika, inflasi, dan faktor pendukung lainnya.

Tahun ini paling lambat di akhir bulan November telah ditetapkan besaran nilai UMK 2016.

”Mudah-mudahan terjadi kesepakatan antara serikat pekerja dan pengusaha agar bisa diserahkan ke Wali Kota dan diberikan ke Gubernur yang melakukan penetapan,” kata Lagat. (rif/bpos)

Respon Anda?

komentar