2.500 Angkot di Batam, 70 Persen Tak Lolos Uji Kir

427
Pesona Indonesia
Kondisi salah satu angkot di Batam. Foto: Candara Ibrahim/Batampos
Kondisi salah satu angkot di Batam. Foto: Candara Ibrahim/Batampos

batampos -Demo angkutan umum di Batam pagi hingga siang ini (8/9/2015) mengingatkan kembali pada kondisi angkot itu sendiri di Batam. Majalah Batampos Edisi 113 yang terbit Mei 2015 lalu pernah menulis kondisi angkot di Batam.

Saat itu, Ketua Organda Batam, Hardi Syam Harun, mengatakan di Batam ada 2.500 angkutan umum yang melayani tujuh rute atau trayek. Namun kondisi angkot sebagian besar tak laik jalan. Dari jumlah tersebut, 70 persen tak lolos uji kir. Hanya 30 persen saja yang laik jalan. Angkot tersebut ada milik perorangan atau perusahaan yang bergabung di beberapa koperasi.

“Tapi karena tidak ada angkutan umum memadai sehingga mereka tetap jalan,” ujar Hardi saat ditemui di kantor Organda Batam, Selasa (19/5/2015) silam.

Angkot yang tak lolos uji kir itu, bukannya karena saat uji kir dipersulit. Tetapi usia dan kondisi angkot memang sudah renta. Banyak yang sudah berusia 15 tahun ke atas. Batas usia maksimal angkot untuk laik jalan dan lolos uji KIR.

Dinas Perhubungan Kota Batam mengakui sistem tata kola angkutan umum di Batam masih buruk, termasuk masih banyaknya armada yang sudah uzur dan tak laik jalan namun tetap beroperasi di kota.

”Iya memang benar (banyak kendaraan angkutan yang amburadul, red), ini masih dalam pembenahan, saya baru menggantikan Kabid yang lama,” ujar Kepala Bidang Teknis dan Sarana Dishub Kota Batam, Pom Inzani, pada 11 Mei lalu.

Ia memastikan izin trayek angkutan umum sudah tak berlaku lagi bagi angkot dengan keluaran tahun 2000 ke bawah. ”Itu yang akan kami tertibkan nanti bersama kepolisian,” kata Pom.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Zulhendri juga membenarkan masih banyaknya angkutan umum yang masuk ke kota yang tak lain jalan dan masa berlaku kir-nya habis. “Sudah dilarang tapi masih bandel. Banyak juga yang menyalahi trayek,” ujar Zulhendri.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Umum Dishub Kota Batam, Faisal Riza menambahkan, untuk trayek angkutan umum, saat ini masih dalam pembenahan. ”Sedang kita tertibkan, termasuk KIR-nya,” kata Faizal. (Selengkapnya baca: Majalah Batampos Edisi 113).  (ahmadi/nur)

Respon Anda?

komentar