Ini Dia Rencana 10 Koridor Trans Batam

799
Pesona Indonesia
Rencana Koridor Trans Batam. Foto: Repro Organda Batam
Rencana Koridor Trans Batam. Foto: Repro Organda Batam

batampos – Pemerintah Kota Batam bersama Organda Batam saat ini tengah merumuskan rute angkot untuk menyesuaikan 10 koridor Trans Batam yang sudah ditetapkan. Pengaturan ulang rute angkutan umum ini untuk menghindari persaingan antara bus Trans Batam dengan angkot.

Saat ini dipersiapkan operasional dua koridor baru Trans Batam, menambah tiga koridor yang sudah berjalan. Dua koridor baru itu melewati sejumlah kawasan industri dan permukiman padat penduduk demi melayani kebutuhan pekerja industri, yaitu Tanjungpiayu-Panbil dan Tanjunguncang-Batam Kota.

Adapun rancangan lima koridor angkutan umum Trans Batam yang akan datang melewati sejumlah rumah susun (rusun). Koridor I, rutenya dari rusun Seiharapan-rusun Tanjunguncang dengan melalui Kasawan Industri Sekupang-Tanjungriau-Marina City- Basecamp. Koridor II, dari Pelabuhan Ferry Sekupang menuju rusun Batuampar dengan melalui Seiharapan-Tiban-Kampus UIB-Simpang Baloi Centre-DC Mall-Pasar Induk Jodoh-rusun Lancang Kuning.

Selanjutnya, koridor III, dari rusun Lancang Kuning-Jodoh-Kawasan Industri Taiwan. Koridor ini melalui Batuampar-Kampung Seraya Atas-Simpang Rujak-Simpang Jam-Simpang Kepri Mall-Mega Legenda-Bundaran Airport-Simpang Kawasan Industri Taiwan. Koridor IV, dari rusun Tembesi-Batam Centre dengan melalui Basecamp, Paradise-Aviari-Simpang Putra Batam-Simpang Mukakuning-Sukajadi-Simpang Jam-Simpang Gelael-Seipanas-Pasar Mitra Raya-Simpang Frengky-Masjid Raya Batam Centre.

Sementara koridor V, rutenya dari rusun Lancang Kuning-Jodoh-Nongsa. Koridor ini meliputi atau melalui Jalan Imam Bonjol-Penuin-BCS Mall, Sukajadi-Kepri Mall-Kara Industri-Mitra Raya-Simpang BNI-Mega Mall-Tunas Industri-Uniba-Botania-RS Polda.

Menurut Ketua Organda Batam, Hardi Syam Harun, Pemko Batam berkeinginan, Bus Trans Batam melayani jalur utama, kemudian angkot sebagai feeder agar keberadaan keduanya saling melengkapi. Jadi jalur-jalur utama yang selama ini dilalui angkot akan digantikan bus Trans Batam, sehingga tak ada lagi angkot uzut beredar di tengah kota.

Untuk armada yang digunakan pada koridor itu adalah bus pekerja. Bus tersebut merupakan bantuan dari pemerintah provinsi, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, dan BUMN perbankan. Untuk pengoperasiannya, sesuai perundang-undangan, pemerintah tidak boleh jadi operator. Hardi menyebut operatornya diserahkan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau swasta.

“Jadi pengusaha (angkot) lama tidak ditinggalkan, tetapi ada share (pembagian),” tegasnya. (Ahmadi Sultan/majalah batampos)

Respon Anda?

komentar