50 Haktare Dam Duriangkang Tertutup Eceng Gondok

282
Pesona Indonesia
Anggota Marinir SBY Setokok Barelang dan BP Batam membersihkan eceng gondonk di Dam Duriangkang, Tanjungpiayu, Seibeduk, Rabu (9/9). F Dalil Harahap/Batam Pos
Anggota Marinir SBY Setokok Barelang dan BP Batam membersihkan eceng gondok di Dam Duriangkang, Tanjungpiayu, Seibeduk, Rabu (9/9). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos – Pertumbuhan dan penyebaran Eceng gondok di Dam Duriangkang makin tak terkendali. Saat ini, sedikitnya 50 hektar area dam telah tertutupi tumbuhan air yang mengapung tersebut.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Eichhornia crassipes itu bukan hanya mengusai satu area, tapi menyebar ke berbagai tempat di dam terluas di Batam itu.

“Yang terbentang disini (titik pembersihan, red) sekitar 25 hektar, sisa-sisanya tersebar di sekitar pulau-pulau,” ujar Kabid Pengelola Waduk BP Batam, Hadjad Widagdo, Rabu (9/9/2015).

Ia menambahkan, upaya untuk membersihkan eceng gondok itu akan terus dilakukan. Jika sebelumnya hanya sekali setahun, tahun ini frekwensi pembersihannya ditambah. Apalagi pertumbuhan tumbuhan air itu begitu cepat. (cr13/bpos)

Respon Anda?

komentar