Gas ke Singapura Lancar, Batam Tersendat, Listrik pun Padam

302
Pesona Indonesia
Foto Ilustrasi: Merdeka.com
Foto Ilustrasi: Merdeka.com

batampos -Jatah gas untuk pembangkit listrik milik PLN Batam maupun mitranya kembali tersendat. Pasokan menurun sehingga sejumlah pembangkit tidak bisa beroperasi optimal. Akibanya, pemadaman listrik bergilir di berbagai wilayah di Batam terpaksa dilakukan.

Ironisnya, pasokan gas dari bumi Indonesia itu ke Singapura lancar-lancar saja. Hanya pasokan untuk Batam yang tersendat. Kondisi ini membuat anggota DPRD Batam berang. Mereka akan memanggil PGN dan PLN.

“Dalam waktu dekat kami akan anggil PGN dan PLN, kita mintai keterangan, dimana penyebabnya,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Kota Batam, Joko Mulyono.

Sementara itu, hingga kemarin, Perusahaan Gas Negara (PGN) belum mengetahui penyebab turunnya suplai gas ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Panaran. Sudah tiga hari tekanan gas ke PLTG turun yang dibarengi dengan pemadaman bergilir.

“Sementara kami fokus membantu PLN stabil, kami masih analisa (penyabab turunnya gas-red),”  ujar Manager PGN Area Batam, Sony Rahmawan, Rabu (9/9/2015).

Corporate Comunication PLN Batam, Rudi Antono mengatakan di hari ketiga tepatnya pukul 08.15 WIB tekanan gas ke panaranan drop hingga angka 19 bar. Padahal angka normalnya sekitar 40 bar hingga 60 bar.

“Sampai sekarang kami belum mendapatkan penjelasan resmi dari PGN.  Tapai secara lisan (PGN) mengakui (adanya penurunan suplai),” beber Antono. (hgt/bpos)

Respon Anda?

komentar