Kerahkan Satu Pleton Marinir Sikat Eceng Gondok

341
Pesona Indonesia
Anggota Marinir SBY Setokok Barelang dan BP Batam membersihkan eceng gondonk di Dam Duriangkang, Tanjungpiayu, Seibeduk, Rabu (9/9). F Dalil Harahap/Batam Pos
Anggota Marinir SBY Setokok Barelang dan BP Batam membersihkan eceng gondonk di Dam Duriangkang, Tanjungpiayu, Seibeduk, Rabu (9/9). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos – Upaya untuk membersihkan dan Duriangkang dari eceng gondok yang tubuh subur di dam tersebut terus dilakukan. Rabu kemarin (9/9/2015) pembersihkan melibatkan Marinir.

Kabid Pengelola Waduk BP Batam, Hadjad Widagdo, Rabu (9/9/2015) mengatakan pembersihan ditargetkan sepuluh hari berturut-turut. Secara teknis dibersihkan secara manual serta menggunakan alat berat, seperti Eskavator Long Arm, Jaring Troll, maupun Dumptruck.

“Ke depan kita bisa saja punya alat yang seperti kapal layaknya yang ada di waduk pluit Jakarta,” katanya.

Pembersihan juga mempertimbangkan arah mata angin,  jika pada saat angin utara eceng gondok akan bergeser ke selatan begitupun sebaliknya. “Karena berkumpul di sini, makanya kita segera lakukan,” tambahnya.

Sementara itu, Danyon Yonif 10 Marinir SBY, Mayor Marinir Nioko Budi Legowo Harumbintoro mengatakan kegiatan tersebut juga termasuk karya bakti terhadap masyarakat.

“Ini bentuk kepedulian kita terhadap krisis yang terjadi di batam,” tutur Nioko.

Dia menuturkan sebanyak satu pleton yang terdiri dari 25 anggota marinir diturunkan dalam pembersihan tersebut. Dia juga menjelaskan teknik pembersihan akan disebar jaring dan kemudian akan ditarik menggunakan alat berat.

“Mudah-mudahan akan selesai delapan hari saja,” pungkasnya. (cr13/bpos)

Respon Anda?

komentar