Neil Juru Kamera, Rebecca Produser Film

324
Pesona Indonesia
Neil Borner dan Becky Prosser  saat diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam dalam pelimpahan tahap II, Rabu (9/9/2015). Keduanya diduga melanggar Undang-Undang Keimigrasian RI saat melakukan peliputan dan pembuatan film dokumenter di Batam. F. Cecep Mulyana/Batam Pos
Neil Borner dan Becky Prosser saat diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam dalam pelimpahan tahap II, Rabu (9/9/2015). Keduanya diduga melanggar Undang-Undang Keimigrasian RI saat melakukan peliputan dan pembuatan film dokumenter di Batam.
F. Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Rebecca Bernadette Margaret Prosser,31, dan Neil Richard George Bonner, 32, yang ditahan karena pelanggaran visa, di mata Kasi Pidum Kejari Batam lebih tampak sebagai pembuat film daripada jurnalis. Ini disimpulkan sementara dari dokumen yang disita.

“Tak sedikitpun yang menjelaskan jika kedua WN Inggris ini berprofesi jurnalis. Namun mereka lebih kepada perusahaan untuk memproduksi film. Neil bertugas sebagai juru kamera dan Rebecca sebagai produser wall to wall company,” kata Kasi Pidum Kejari Batam Ali Akbar.

“Tak tergambar jika mereka itu seorang jurnalis. Karena jurnalis itu tak memproduksi film. Jadi kita tak tahu apa tujuan mereka sebenarnya,” terang Ali.

Kedua WNA ini sudah mempunyai perencanaan yang cukup matang. Padahal mereka hanya bermodalkan Visa on Arrival (VOA) yang memiliki batas waktu tinggal tujuh hari.

“Kita lihat dari barang buktinya, perencanaan pembuatan film mereka sudah matang. Seperti adanya produser, setting area, para pemain hingga peralatan yang digunakan untuk membuat film,”sebut Ali. (she/hah)

Respon Anda?

komentar