Sembilan Penerbangan Terganggu Akibat Kabut Asap

228
Pesona Indonesia
Kabut Asap 4-F Cecep Mulyana
Kabut Asap 4-F Cecep Mulyana

batampos – Sembilan penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam tegangu pada Rabu (9/9) lalu. Gangguan kabut asap ini, menyebabkan pembatalan dan delay.Hal ini terjadi akibat gangguan kabut asap, yang masih menyelimuti beberapa daerah di Sumatera yakni Bengkulu, Jambi, Pekanbaru, Medan, Padang dan Palembang. Daerah-daerah itu jarak pandangnya dibawah normal.

“Di Bengkulu, Palembang, Jambi dan Pekanbaru, jarak pandangnya dibawah 1000 meter. Penerbangan ada yang langsung dicancel, ada juga yang masih menunggu,” kata Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso saat dihubungi, Rabu (9/9).

Dijelaskan oleh Suwarso, penerbangan yang dibatalkan yakni Maskapai Lion Air, dari Batam menuju Bengkulu. Lalu Batam-Jambi, Batam-Pekanbaru, Batam-Palembang. Sementara itu maskapai Citilink juga melakukan pembatalan penerbangan. Dimana penerbanagan Batam menuju Padang, tak jadi berangkat.

“Ada lima flight yang tak jadi berangkat,” ujar Suwarso.

Sementara penerbangan yang mengalami delay yakni Maskapai Lion Air dari Batam-Pekanbaru, Batam-Medan dan Batam Padang. Maskapai Sriwijaya juga mengalami delay, Batam menuju ke Jambi.

“Untuk delay ada empat flight,” tutur Suwarso.

Ia mengungkapkan jarak pandang untuk daerah Batam masih aman dan dalam batas normal. Sehingga tidak akan mengganggu pesawat yang akan landing. “Batam jarak pandang masih bagus, ” ucapnya.

Sementara itu kepala BMKG Hang Nadim Batam, Philips Mustamu mengatakan jarak pandang di Batam diatas 6000 meter. Sehingga tak akan mengganggu penerbangan di Batam. “Aman kok, tadi saya lihat dikisaran 6 ribu hingga 7 ribu meter jarak pandang. Jadi tak masalah,” pungkasnya. (Ska)

Respon Anda?

komentar