Siapkan KTP Anda untuk Pilkada Mendatang

234
Pesona Indonesia

batampos – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam akan memplenokan Daftar Pemilih Tetap (DPT) setiap kecamatan pada 1-2 Oktober 2015 mendatang. Dari data yang diterima KPU, jumlah DPT diprediksi tidak akan berbeda jauh dibanding Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang hanya berjumlah 700.000 pemilih.

Ketua KPU Kota Batam Agus Setiawan mengatakan, untuk perbaikan DPS akan dimulai 10 September 2015, Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) akan mendata ulang pemilih yang belum terdaftar dan melaporkan ke KPU untuk mengumumkan Daftar Pemilih Perbaikan. Dan barulah didapat Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jadi sebelum DPT diumumkan, pantarlih akan mendata pemilih yang belum terdaftar,” ucap Agus.

Selain itu, menurutnya, berdasarkan PKPU Nomor 4, mengenai peryaratan bagi calon pemilih walikota dan wakil walikota, wajib mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) asal.

“Meskipun ia tinggal sudah lama, namun tidak memiliki KTP Batam, tetap tidak bisa mengeluarkan hak suara pilkada nanti,” kata Agus.

Ia menjelaskan, berbeda dengan pemilihan presiden dan legislatif 2014 lalu, warga negara yang tidak memilikikartu identitas seperti KTP, tetap bisa diperkenankan untuk mengeluarkan hak suara memilih. Biak di daerah asal maupun tempat pemungutan suara (TPS) manapun dengan nama Daftar Pemilih Khusus.

“Namun peraturan tersebut tidak berlaku pada pilkada serentak 9 Desember ini. Contohnya saja, pemilih calon walikota atau wakil walikota Batam wajib mengantongi KTP Batam dan sebaliknya,” jelasnya.

Sedangkan bagi warga yang sudah cukup usia atau sudah wajib memilih, namun belum memiliki KTP, juga masih bisa menyalurkan hak suaranya dengan cara mencantumkan kartu identitas seperti kartu Keluarga (KK). Semua peraturan dan ketentuan tersebut sudah jelas dan tertera dalam PKPU nomor 4 2015.

“Jadi tujuannya pemilih pemimpin daerahnya, benar-benar warga asli dan terdaftar daerahnya,” jelas Agus. (rng/bpos)

Respon Anda?

komentar