Anggota DPR Setuju Warga Ruli Batam Pindah ke Rusun

241
Pesona Indonesia
Dwi Ria Latifah. foto:dalil harahap/batampos
Dwi Ria Latifah. foto:dalil harahap/batampos

batampos – Anggota Komisi III DPR RI Dwi Ria Latifa menyatakan setuju jika warga yang tinggal di Rumah Liar (Ruli) difasilitasi untuk tinggal di rumah susun (Rusun).

“Jika ada, itu keputusan yang bagus. Saya setuju, saya dukung namun harus dikontrol,” ujar Dwi setelah acara sosialisasi bersama tokoh masyarakat di Gang Bahari RT 03 RW 04 Tanjunguncang.

Dwi menuturkan pemerintah harus berani mengambil kebijakan yang komprehensif baik dalam bentuk penyediaan rusun, rumah deret ataupun kebijakan lain yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang dianggap pemerintah adalah ruli.

“Mereka harus dimanusiawikan dalam bentuk penyediaan rumah tinggal, jangan sekedar wacana,” ujarnya lagi.

Lanjut dia, setelah sarana sudah dipersiapkan, pemerintah harus mengontrol ketat agar rusun tepat sasaran untuk warga yang berhak mendapatkan bantuan.

“Jangan sampai dimiliki oleh yang tidak berhak, jangan sampai didagangkan, dibeli oleh orang yang berduit, lalu rakyat yang sebetulnya berhak justru dikorbankan,” beber Dwi.

Dia mengatakan sejatinya yang dimaksud dengan ruli adalah pandangan yang salah lantaran pemerintah membuka akses listrik maupun pembentukan pemerintah tingkat RT.

“Artinya ini ada pengakuan secara diam-diam, dalam hukum rakyat ini harusnya diberi legalitas tempat tinggal,” pungkasnya. (cr13)

Respon Anda?

komentar