Empat Jamaah Haji Batam Wafat

227
Pesona Indonesia
Jutaan umat Islam dari berbagai negara memadati Masjidil Haram. Foto: istimewa
Jutaan umat Islam dari berbagai negara memadati Masjidil Haram. Foto: istimewa

batampos.co.id – Jumlah Jamaah Calon Haji (JCH) asal Embarkasi Batam yang wafat di Tanah Suci hingga Selasa (15/9) kemarin, bertambah jadi empat orang. Mereka meninggal karena sakit, bukan karena insiden crane jatuh.

“Daftar JCH yang meninggal bertambah satu lagi, jadi totalnya empat orang,” kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Mazdjad, kemarin.

Sebelumnya, ada tiga JCH Embarkasi Batam yang wafat, yakni Ahmad Aziz Azid (62) asal Kabupaten Bengkalis Riau, Nurdin Yahya (72) asal Kota Tanjungpinang Kepri, Marnis Rikin Sirin (66) asal Kabupaten Kuansing Riau. Sedangkan JCH Embarkasi Batam keempat yang wafat yakni Mukhtar M Syarif (69) asal Kabupaten Kampar Riau. Ia tergabung bersama Kloter 8 dan meninggal dunia pada Sabtu (12/9) ketika masih dalam perawatan di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Makkah. Mukhtar dikuburkan di Syaraya.

Sementara Ahmad Aziz Azid meninggal 4 September, Nurdin Yahya meninggal 3 September. Keduanya juga dimakamkan di Syaraya Mekkah. Sedangkan Marnis Rikin meninggal 2 September dan dimakamkan di Baqi Madinah.

Terkait kondisi JCH yang jadi korban musibah crane roboh di Masjidil Haram, Mazdjad mengatakan dua orang JCH hingga kini masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS). Keduanya; Bachtiar Tara Saridano, JCH dari Kloter 16 asal Jambi dan Kursia Nanti Lembong, JCH asal Kloter 17 dari Kota Jambi.

Sedangkan empat JCH lainnya yang sempat dirawat di RSAS dan BPHI Makkah sudah kembali bersama rombongan, menunggu puncak haji dengan mengikuti wukuf di Arafah. Sedangkan JCH yang lainnya sehat.

“Belum ada laporan lain dari petugas di sana, Insya Allah sehat semua,” terangnya.

Pada musim haji 2015, Embarkasi Batam memberangkatkan 8.911 orang JCH yang terdiri dari 795 orang asal Kepri (kloter 1 dan 15), 4.036 JCH Riau (kloter 2-10 dan kloter 20), 1.872 JCH Kalimantan Barat (kloter 11-15) dan 2.108 JCH Jambi (kloter 16-20). (rna/bpos)

Respon Anda?

komentar