Horeee…, Anak Luar Nikah Bisa Dapat Akte Kelahiran

420
Pesona Indonesia

 

Ilustrasi: pixabay.com
Ilustrasi: pixabay.com

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam berharap agar semua anak yang lahir sudah dilengkapi dengan akte kelahiran. Termasuk anak diluar nikah atau yang tidak memiliki ayah.

“Kita berharap masyarakat untuk membuat akta kelahiran sejak awal. Begitu juga, bagi anak yang anak lahir tanpa latar belakang orangtua menikah,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan Sipil Disduk, Jamaris, kemarin.

Menurutnya, identitas atau akte kelahiran merupakan hak wajib yang dimiliki semua anak dan tidak membatasi mereka yang tidak memiliki orangtua lengkap. Untuk itu anak lahir diluar pernikahan, tetap memiliki hak yang sama.

“Makanya jangan sampai menunda proses pembuatan akte kelahiran. Ini hak setiap anak,” ungkapnya.

Ia menerangkan, kepada ibu orangtua kandung yang melahirkan anak diluar nikah, tetap bisa mendapatkan akta kelahiran. Meski begitu, ada beberapa perbedaan dengan keluarga yang orangtuanya lengkap dan menikah sah.

“Bagi ibu berstatus lajang untuk kolom orangtua laki-lai (ayah) akan dikosongkan. Sedangkan pada kolom ini nantinya akan tertulis anak yang lahir dari seorang perempuan,” sebutnya.

Meskipun begitu, Jamaris tetap berharap agar akte anak diluar nikah ini tidak menjadi pedoman bagi orang tua. Sebaiknya orang tua menikah dahulu, meskipun salah satu dari orangtuanya bukanlah sedarah (kandung).

“Dampaknya nanti besar bagi si anak. Mereka akan mengalami masalah administrasi ketika melamar pekerjaan seperti
PNS, militer, maupun lainya. Jika di akte tidak tertera lengkap orangtuanya, pasti gugur tes administrasi,” jelasnya. (rng/bpos)

Respon Anda?

komentar