Ini Dia Koleksi Perpustakaan BP Batam

404
Pesona Indonesia
Koleksi-koleksi perpustakaan BP Batam. Foto: istimewa/dok.bpbatam
Koleksi-koleksi perpustakaan BP Batam. Foto: istimewa/dok.bpbatam

batampos.co.id – Perpustakaan BP Batam yang kini dibuka untuk umum memiliki koleksi bahan bacaan dan informasu yang cukup banyak. Mencapai 9.839 bahan pustaka, baik buku, majalah, novel, dokumen, peta, baik dalam bentuk cetak maupun audiovisual.

Bahan pustaka tersebut terdiri dari beberapa klasifikasi antara lain referensi, karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, bahasa, ilmu murni, ilmu terapan, kesenian dan olahraga, kesusasteraan, dan biografi.

Pelaksana Harian Kepala Biro Umum dan Sekretariat BP Batam, Ilham Eka Hartawan, menjelaskan beberapa buku (pustaka) yang menjadi unggulan di perpustakaan dengan konten pengembangan kawasan khusus Batam Rempang Galang, antara lain buku blue print, desain rinci pembangunan Dam Rempang Galang, laporan akhir (final report) sebuah perencanaan dan evaluasi wilayah Rempang-Galang, dan laporan akhir studi geoteknik Batam Center.

Selain itu, ada juga Rencana Detail Tata Ruang Rempang Sub SWP Rempang (RP-5), Final Report Rencana Induk Pengembangan Wilayah Rempang Galang, Draft Final Report Evaluasi Master Plan Pulau Batam 1991, serta Studi Perancangan Strategi Kerjasama Pembangunan dan Pengelolaan Jembatan Batam-Bintan, peta-peta lama, dan masih banyak lagi pustaka lainya.

“Sebuah video tentang proses pembuatan Dam Duriangkang pun ada di Perpustakaan BP Batam,” ujar Ilham.

Sebagaimana diketahui Dam Duriangkang merupakan salah satu pilot project pembangunan dam di Indonesia dengan proses desalinasi atau membendung teluk. “Buku-buku ini dapat menjadi referensi bagi para pemustaka untuk melakukan penelitian dan kajian tentang Barelang sebagai kawasan khusus,” terang Ilham.

Ilham menambahkan, ini juga sesuai dengan misi Perpustakaan BP Batam, yaitu terwujudnya perpustakaan yang unggul berbasis IT yang berfungsi sebagai pusat kajian dan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, informasi tentang proses pembangunan Batam, Rempang dan Galang.

Untuk mewujudkan hal itu, Perpustakaan BP Batam melakukan misi menghimpun, mengolah, dan melestarikan hasil karya monumental dari proses pembangunan Barelang sejak berdirinya Otorita Batam pada 26 Oktber 1971.

Selain bahan pustaka tentang proses pembangunan Barelang, masih banyak buku dan bahan pustaka lain yang dapat dibaca pemustaka umum, antara lain novel, buku-buku kedokteran dan kesehatan, pengetahuan agama, ensiklopedi, pengembangan diri dan lain-lain.

Pengunjung atau pemustaka di Perpustakaan BP Batam setiap bulannya rata-rata mencapai 120 orang. Pada 2013, jumlah pengunjung mencapai 1.535 orang dan pada 2014 mencapai 1.412 orang. Di tahun 2015, periode Januari-Juni pengunjung telah mencapai 950 orang.

Pengunjung atau pemustaka ini berasal dari berbagai kalangan. Selain pegawai BP Batam, juga terdapat dari pekerja di perusahaan lain yang memanfaatkan waktu senggangnya untuk membaca di perpustakaan, para pelajar dan mahasiswa, serta masyarakat umum. Perpustakaan BP Batam rencananya akan memiliki gedung sendiri yang akan segera dibangun di Sekupang di tahun 2017 mendatang.

“Kami berharap Perpustakaan BP Batam dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang ingin melakukan kajian dan penelitian atau sekedar mencari informasi,” jelas Ilham. (bpos)

Respon Anda?

komentar