PT Citra Shipyard Luncurkan Oil Tanker

905
Pesona Indonesia
foto: dalil harahap / batampos
foto: dalil harahap / batampos

batampos.co.id – PT Citra Shipyard Batam meluncurkan satu lagi kapal hasil produksinya, OPS ALTAIR, Kamis (17/9). Peluncuran ini sekaligus menandai kesiapan PT Citra Shipyard memenuhi permintaan pasar di dalam dan luar negeri.

General Manajer PT Citra Shipyard, Abi, mengatakan kapal tersebut merupakan jenis kapal tanker atau Self Propelled Oil Barge (SPOB). Kapal ini memiliki spesifikasi panjang 75 meter, lebar 22 meter, serta tinggi 5,5 meter dengan kapasitas angkut lebih kurang 3.700 matrik ton.

Kapal ini memiliki desain draf yang dangkal, yakni hanya 3,8 meter dalam kondisi muatan penuh. Sehingga kapal tersebut mampu berlayar di perairan dangkal, termasuk perairan sungai.

”Ini berbeda dengan kapal tanker pada umumnya yang memiliki design draft setinggi 8 hingga 10 meter,” ujar Abi, kemarin.

Abi menjelaskan, kapal tersebut merupakan pesanan dari PT Oceanindo Bina Sarana.

Sesuai dengan jenisnya, kapal ini akan digunakan untuk operasional perusahaan yang bergerak di sektor industri kemaritiman.

Lanjut Abi, pihaknya tetap berkomitmen dalam melayani konsumen yang memesan kapal pada perusahaan yang dia pimpin. Selain menjamin pengerjaan tepat waktu, pihaknya juga memberikan garansi soal kualitas produknya.

”Intinya kami akan berikan produk yang terbaik,” ujar Abi.

Menurutnya kapal yang diproduksi tersebut sudah mendapat sertifikasi dari dalam maupun luar negeri. Yakni oleh RINA kelas dari Italy serta BKI kelas dari dalam negeri.

”Kami udah merujuk kualitas internasional. Biasanya kalau sertifikasi hanya satu, kami sudah dua,” tambahnya.

Sementara itu Managing Director PT Oceanindo Bina Sarana, Adityo, mengatakan pembelian kapal dari PT Citra Shipyard disesuaikan dengan proyek yang digeluti perusahaan yang bergerak di bidang perkapalan tersebut.

Dia juga mengatakan pesanan tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memesan produk dalam negeri.

”Kami lihat PT Citra Shipyard dirasa cukup kompeten dalam hal ini,” ujarnya.

Sementara Vice President Bank Mandiri Kelapagading yang hadir dalam kesempatan itu, Ismail Kadi, mengaku akan terus mendukung industri perkapalan di dalam negeri.

”Kita support ini semua, dan kami menggalakan aliansi strategis antarnasabah,” ucapnya. (cr13/bpos)

Respon Anda?

komentar