BNNP Kepri Musnahkan Sabu Asal Malaysia

177
Pesona Indonesia
Sabu dimusnahkan dengan cara direndam di dalam air panas.
Sabu dimusnahkan dengan cara direndam di dalam air panas.

batampos.co.id – Jumat (18/9), Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri memusnahan barang bukti sabu-sabu seberat 2.477,16 gram.

Serbuk putih tersebut di dapatkan dari lima laporan kasus narkoba (LKN) di Batam. Ada tujuh tersangka. Dua diantaranya warga negara Malaysia.

Kepala Bidang (Kabid) Berantas BNNP Kepri AKBP Bubung menyatakan barang bukti pertama di dapatkan dari WNI berinisial RA (24) pada Kamis (6/8) di Pelabuhan Internasional Batam Center. Dari pria tersebut ditemukan sabu-sabu seberat 101,24 gram.

“Sabu-sabu itu dibawanya dari Malaysia,” ujarnya.

Masih di tempat yang sama petugas kembali mengamankan seorang WNI berinisial KM (28) pada Senin (24/8). Dari KM disita sabu-sabu seberat 198,72 gram. Serbuk haram itu juga dibawa dari Malaysia.

Pada hari yang sama petugas juga mengamankan S (31) WNI yang kedapatan menyimpan sabu-sabu 194,1 gram. Narkotika tersebut juga baru dibawa pelaku dari Malaysia.

Terakhir pada Kamis (27/8) petugas BNNP Kepri mengamankan C (31). Pria tersebut diduga kuat sebagai pengedar narkoba. Dari tangganya ddapatkan 21,6 gram sabu-sabu.

“Kalau ditotal barang bukti keseluruhannya 2.586,66 gram,” ujarnya.

Namun jumlah barang bukti yang dimusnahkan 2.477,16 gram. Sementara 109,5 gram disisihkan untuk laboratorium dan dijadikan barang bukti di persidangan seberat 109,5 gram.

“Nilainya sekitar Rp3,8 miliar. Dengan asumsi 1 gramnya Rp1,5 juta,” ucapnya.

Dalam kasus tersebut pihaknya menjerat para tersangka dengan pasal 114 ayat 2, pasal 112 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 35 Taun 2009 tentang narkotika. Dengan ancaman maksimal hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

“Kalau hukuman mati itu nanti dilihat di fakta persidangan dan tergantung keyakinan hakim,” jelasnya.

Ia menegaskan bagi penyidik dan kejaksaan pasti memberikan hukuman yang sama. Yaitu hukuman mati atau seumur hidup.

“Kami berharap seperti itu (hukuman mati),” paparnya. (ams/pm/rpg)

Respon Anda?

komentar